alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Pemkab Kutim Pesan Tujuh Armada Sampah Baru

Kutim, nomorsatukaltim.com – Tak cuma TPS terpadu. Pemkab Kutim juga mendatangkan tujuh armada sampah anyar. Tentu semuanya untuk menjawab permasalahan sampah di kecamatan yang padat penduduk.

Kabid Penanganan Sampah dan Limbah DLH Kutim B3, Sugiyo memastikan hal tersebut. Menurutnya, permasalahan sampah di Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan sudah tak bisa dipandang remeh. Apalagi jika melihat perkembangan penduduk di dua kecamatan tersebut.

“Maka kami coba siapkan beberapa langkah. Termasuk dengan menambahkan armada angkutan sampah,” ucap Sugiyo.

Untuk diketahui pemerintah menyiapkan beberapa bak sampah di tepi jalan. Agar sampah dari masyarakat biasanya bisa diletakkan di bak tersebut. Namun terkadang, sampah yang ada di bak tersebut tak terangkut.

Penyebabnya tak lain karena kurangnya armada angkut sampah. Sehingga membuat kondisi lingkungan jadi tak sedap dipandang. Sampah dari rumah-rumah warga memang dikumpulkan oleh armada motor roda tiga menuju TPS.

Kemudian dari TPS menuju ke TPA di Km 13 jalan poros Bengalon harus menggunakan truk. Nah, armada truk ini yang sangat kurang. Hanya dua aktif dari enam truk yang dimiliki.

disway

Bahkan armada terbaru milik mereka keluaran tahun 2008. Sehingga lebih sering berada di bengkel dibanding berkeliling mengangkut sampah.

“Jadi minimal kami punya tujuh truk dan itu sehat semua. Agar sampah di TPS ini tidak menumpuk,” ujarnya.

Tetapi Sugiyo memastikan, tahun ini penambahan armada sampah sudah dilakukan. Ada tujuh unit kendaraan yang telah dipesan. Tinggal menunggu kedatangannya saja lagi. Ada dump truk serta arm roll truk.

“Semuanya baru dan tinggal tunggu kedatangannya saja lagi,” tutur Sugiyo.

Sementara untuk penempatan truk tersebut, Sugiyo melihat dahulu skala kebutuhan. Karena sejauh ini wilayah Sangatta Utara dan Selatan serta Bengalon jadi kecamatan terpadat volume sampahnya. Tapi tentu harus ditetapkan dahulu terkait wilayah kerja truk tersebut.

“Tentu kami akan bahas ini nanti bersama pimpinan,” tandasnya. (bct/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply