alexa
disway ntt malang

May Day, Buruh Kubar Batal Mogok Kerja

Kubar, nomorsatukaltim.com – Jajaran Polres Kubar berhasil mengagalkan rencana aksi mogok kerja yang telah direncanakan serikat pekerja tertentu di Bumi Tanaa Purai Ngeriman. Menyusul dengan berkaitannya May Day atau Hari Buruh Internasional, aksi tersebut direncanakan bakal di gelar, Sabtu (1/5/2021).

Dalam pernyataannya, Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, usai memimpin apel kesiapsiagaan dalam rangka Hari Buruh Internasional (May Day) di Mapolres Kutai Barat itu mengatakan, kegiatan May Day ini melibatkan puluhan anggota tergabung dari jajarannya bekerjasama dengan Kodim 0912/Kubar dan Satpol PP Kutai Barat.

“Pembatalan aksi mogok kerja ini, setelah dilakukan penggalangan oleh Satuan Intelijen Polres Kutai Barat,” ungkap perwira polisi berpangkat melati dua itu.

Selain itu, kegiatan positif buruh lainnya, kata dia, Di antaranya ialah kegiatan buka bersama dan kegiatan – kegiatan olahraga. Di samping itu pula, Kapolres menjelaskan, apel kesiapsiagaan itu bertujuan untuk mengantisipasi setiap potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kubar.

“Walaupun situasi saat ini terbilang cukup kondusif. Tapi kita jangan underestimate atau meremehkan terhadap setiap situasi apapun,” katanya.

Selanjutnya, ia mengerahkan sejumlah personel aparat gabungan tersebut menjadi dua kelompok. Yakni untuk melaksanakan operasi yustisi. Dengan sasaran patroli yaitu wilayah Kecamatan Melak dan Kecamatan Linggang Bigung.

Dengan menurunkan, kendaraan masing-masing dua unit truk Sat Samapta, kendaraan Sat Lantas, dan kendaraan Kodim 0912/KBR. Berikutnya, satu unit kendaraan Satuan Samapta, Binmas, dan truk Satpol-PP Kutai Barat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan prokotol kesehatan (prokes) serta menekan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kutai Barat.

Untuk diketahui, pentingnya prokes ini, karena sesuai data hingga 28 April 2021, sudah 3.298 terkonfirmasi positif Covid-19 di Kubar. Sebanyak 2.845 sembuh, 63 meninggal dunia, 387 melakukan isolasi mandiri dan dirawat di RSUD Harapan Insan Sendawar (HIS) sebanyak 3 orang.

Terpisah, Bupati Kubar FX Yapan saat di konfirmasi media ini mengatakan, jumlah terkonfirmasi positif meningkat dari sembilan bulan lalu. Periode Maret-Desember 2020, kasus mendatar dan posko dipusatkan di kota.

“Namun periode Januari-April 2021 posko penanganan Covid-19 mulai digerakkan hingga ke kampung untuk dilakukan penanganan dan pencegahan bersama,” kata Yapan, saat memimpin rapat koordinasi penangganan COVID-19 di Gedung Aji Tulur Jejangkat Kantor Bupati Kubar, Jumat (30/4) kemarin. (luk/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply