alexa
disway ntt malang

Hati-Hati Polres Kubar Akan Pasang ETLE, Mei Sudah Uji Coba

Kubar, nomorsatukaltim.com – Terobosan terbaru Polri akan segera berubah. Seiring kemajuan teknologi mumpuni saat ini. Sebuah kamera canggih akan terpasang di sudut khusus di Kubar.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kubar memastikan, sistim uji coba akan diterapkan mulai Mei 2021 mendatang.

“Guna memantau laku para pengemudi saat berkendara di jalan raya. Ada yang bandel, akan langsung di tindak lewat kamera ETLE itu,” ujar Kasat Lantas AKP Alimuddin melalui Kanit Dikyasa Bripka Umar MS, belum lama ini.

Sudah banyak daerah di Indonesia, khususnya di Kaltim menerapkan sistem canggih ala eropa tersebut. Banyak juga yang belum. Karena terkendala anggaran pengadaan kamera yang terbilang cukup mahal.

Kasubbag Humas Polres Kubar, Iptu Andreas TP menerangkan, sejauh ini telah melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah, terkait pengadaan sejumlah perangkat kamera tersebut.

“Ya, sudah berkoordinasi dengan Pemkab terkait hal itu. Tunggu saja berapa nanti yang di setujui,” ungkap polisi asal Tana Toraja Sulawesi Selatan ini bertemu di ruangannya, waktu itu.

Mulai tahun ini, pola penerapan sistem tilang elektronik di Kota Sendawar dipastikan berjalan. Mereka turut menyiapkan mekanisme penindakan dan lainnya.

Menurutnya, hal ini diberlakukan bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berkendara. Ini juga program penegakan hukum baru berbasis elektronik dari Mabes Polri. Sekaligus peningkatan pelayanan publik.

Secara umum, jajaran Samsat setempat melalui Kepala UPTD PPRD, Akhmad Sarkawi mendukung penuh langkah kepolisian dalam melakukan penertiban di jalan raya.

“Secara tidak langsung, samsat juga akan di untungkan. Akan lebih banyak para pelanggar yang membayar pajak kendaraannya, jika suratnya mati,” kata Sarkawi kepada nomorsatukaltim.com.

Adapun titik yang direncakan di pasangi kamera ETLE di antaranya, kawasan lampu merah Simpang Raya, Kantor Bupati, Simpang Sumber Sari, Kompleks Perkantoran Bupati, Simpang Bisnis Center dan Simpang Ombau. (luk/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply