alexa
disway ntt malang

Pemkab Mahulu Tetap Berupaya Tekan Penyebaran COVID-19

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Penyebaran COVID-19 di Mahulu masih berupaya dikendalikan Tim Gerak Cepat (TGC) Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Diskes P2KB) Mahakam Ulu, Agustinus Teguh Santoso menjelaskan, hingga 20 April masih tersisa 6 kasus aktif warga terpapar positif COVID-19.

“Dilakukan perawatan intensif terhadap pasien positif terpapar COVID-19. Karena memang Pemkab Mahulu dan TGC berharap agar Mahakam Ulu dapat kembali ke Zona Hijau,” urai Agustinus.

Kini kondisi warga terpapar COVID-19 di Mahakam Ulu masih stabil. Menurut Agustinus, pihaknya terus menguatkan sosialisasi dan himbauan agar masyarakat taat protokol kesehatan (Prokes).

“Hingga Rabu 28 April 2021 kondisi paparan COVID-19 di 5 kecamatan se-Mahakam Ulu tidak ada lonjakan. Masih stabil dikisaran 5 sampai dengan 15 kasus. Kadang menurun, jika naik tidak melebihi 15 kasus. Kita semua bersyukur, semoga cepat berakhir dan nggak bertambah,” ungkap Agustinus.

Ia menambahkan rencana Mahulu menutup total wilayah itu dari pelaku perjalanan akan dimulai 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Hal itu sejalan dengan pelarangan mudik lebaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Surat Edaran Gubernur Kaltim.

Agustinus mengatakan untuk mencegah dan menekan penularan virus COVID-19, yakni dengan menerapkan perilaku hidup disiplin.  Yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun serta handsanitizer, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Masyarakat dan semua pihak agar konsisten dan kolektif melakukan perubahan perilaku menjalankan protokol kesehatan. Dengan disiplin dan dilakukan secara sungguh-sungguh,” tandasnya. (imy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply