ngopi

Anak Muda Banyak Terkonfirmasi Positif COVID-19

Pemkot Bakal Lakukan Pengetatan Sejumlah Kafe

Balikpapan, Nomorsatukaltim.com – Dalam beberapa minggu belakangan ini, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Balikpapan banyak yang berusia muda. Sehingga disinyalir hal ini karena sudah banyaknya aktifitas masyarakat, khususnya pemuda di Balikpapan yang mengabaikan protokol kesehatan saat tengah nongkrong atau berkumpul.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi saat pers rilis kasus COVID-19 di Kota Balikpapan mengatakan, kasus positif pada Kamis (29/4/2021) sebanyak 29 kasus positif dan 28 orang diantaranya berusia muda.

“Usia muda itu antara 19 sampai 30 tahun. Hari ini yang usia 60 tahun cuma satu,” ujarnya.

Lanjut Rizal, dengan banyaknya usia muda yang terkonfirmasi positif, Pemkot Balikpapan akan segera melakukan pengetatan disejumlah cafe-cafe dan rumah makan yang saat ini dinilai bangak kelonggaran terhadap penerapan protokol kesehatannya.

“Jam malamnya akan kita perketat lagi. Jam malam akan kita buat sampai pukul 22.00 Wita lagi, selebihnya take away aja,” jelasnya.

Diakui Wali Kota Balikpapan, saat ini sudah banyak muda mudi yang melakukan aktifitas kumpul-kumpul di sejumlah tongkrongan. Hal ini lantaran mereka merasa angka kasus COVID-19 di Balikpapan sudah melandai.

“Jangan sampai kasus kita sudah turun, warganya terlena. Tau-tau asik nongkrong gitu kan, akhirnya banyak yang positif,” tambahnya.

Wali Kota pun dalam waktu dekat akan menginstruksikan Sat Pol PP Kota Balikpapan melakukan razia terhadap protokol kesehatan di cafe-cafe atau tempat tongkrongan anak muda.

“Ada pengetatan lagi pokoknya,” tegasnya.

Sementara itu Kadiskes Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan selain usia anak muda yang terkonfirmasi positif COVID-19, kluster keluarga juga masih sering terjadi. Dan angkanya juga terbilang cukup tinggi.

“Kluster keluarga juga masih ada ya, setiap hari belakangan ini IRT (Ibu Rumah Tangga) juga ada yang terkonfirmasi,” ujarnya.

Untuk itu agar tetap menekan peredaran virus ini, masyarakat diminta tetap menerapkan protokol kesehatan dimana saja dan kapan saja. (Bom)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply