alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • disway ntt malang

Safari Ramadan, Wali Kota Umumkan Salat Idulfitri di Masjid

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengumumkan pelaksanaan salat Idulfitri hanya dapat dilakukan di masjid dan musala. Sehingga kemungkinan pelaksanaan salat Id tidak dapat dilakukan di lapangan.

Pelaksanaan salat idulfitri disampaikan Rizal Effendi dalam kegiatan safari Ramadan Pemerintah Kota Balikpapan yang berlangsung di Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center, pada Rabu malam (28/4/2021).

Larangan pelaksanaan salat idulfitri di luar masjid dan musala dikeluarkan menyusul masih tingginya angka penyebaran COVID-19. Pemerintah mengkhawatirkan jika pelaksanaan salat idulfitri di lapangan diberikan, bisa berdampak pada penularan wabah.

“Karena itu kami mohon pengertian saudara-saudara sekalian, umat muslim di Balikpapan, untuk tidak menggelar salat idulfitri di lapangan,” katanya.

Pemerintah, kata wali kota, juga menutup tempat-tempat wisata dan hiburan selama libur lebaran berlangsung.

Ratusan jamaah tampak menghadiri safari Ramadan yang dilaksanakan dalam rangkaian shalat Isya, tarawih dan peringatan nuzulul quran. Dalam safari Ramadan, Wali Kota juga menyerahkan sejumlah peralatan shalat dan Al Quran kepada pengurus masjid BIC.

disway

Dalam kesempatan itu, Rizal Effendi mengingatkan kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dan mengikuti imbauan pemerintah. Upaya itu dilakukan untuk mencegah dan menekan angka kasus COVID-19.

Pasalnya, hingga kini kasus akumulatif COVID-19 di Kota Balikpapan telah mencapai 16.011 kasus, dengan 14.993 diantaranya dinyatakan sembuh dan 574 meninggal dunia.

“Sementara jumlah kasus aktif saat ini sebanyak 444 kasus, ada yang sedang dirawat di rumah sakit dan sisanya masih isolasi mandiri,” sebutnya dihadapan jamaah yang hadir dalam safari Ramadan. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama terkait pelaksanaan shalat Idulfitri.

“Tadi sore bapak Presiden mengingatkan kepada kita semua untuk waspada terhadap penyebaran COVID-19. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Untuk itu, Satgas akan meniadakankan shalat id di lapangan atau ruang terbuka,” ujarnya.

Sehingga pelaksanaan salat idulfitri hanya dapat dilakukan di masjid dan mushola. Selain itu, Satgas COVID-19 Kota Balikpapan destinasi wisata pantai Manggar dan lainnya rencananya juga akan ditutup selama hari raya idulfitri berlangsung. Itu dilakukan untuk menghindari kerumunan massa dan mencegah penularan. “Mohon maaf kepada UMKM di sana keputusan ini kami ambil,” imbuhnya. (fey)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply