alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Penimbun Akan Ditindak

Kebutuhan Pokok Aman hingga Lebaran

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Dinas Pangan Berau memastikan kebutuhan pokok aman hingga Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah/2021, khususnya beras, gula pasir, telur, tepung terigu dan minyak goreng.

Kepala Dinas Pangan Berau Pattah Hidayat mengatakan, sejumlah agen atau distributor telah mengupayakan penambahan stok di gudang penyimpanan. Hanya saja, kemungkinan tiba setelah lebaran usai.

“Ketersediaan cukup sampai lebaran, terutama komoditas yang rawan langka dan banyak dicari,” ujar, Rabu (28/4).

Selain memastikan ketersediaan komoditas yang mudah langkah di Bumi Batiwakkal, sejumlah kebutuhan dapur tak luput dari monitoring. Pasalnya, menjelang lebaran harga cenderung melonjak akibat meningkatnya permintaan.

Untuk saat ini, kebutuhan daput di pasaran masih relatif terpenuhi dan harganya stabil.

“Catatan kami harga masih relatif normal. Permintaan kepada petani juga belum ada peningkatan. Tapi perlu diantisipasi H-7 lebaran yang umumnya banyak mengalami lonjakan,” jelasnya.

disway

Sementara, Bupati Berau Sri Juniarsih mengaku, akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap distributor kebutuhan pokok maupun ke Pasar Sanggam Adji Dilayas, guna memastikan laporan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sesuai dengan realitas di lapangan.

“Kalau laporan yang kami terima semua kebutuhan pokok memang aman dan dipastikan tercukupi sampai lebaran. Tapi saya tidak mau hanya menerima laporan. Harus mengecek langsung,” tegasnya.

Ditambahkan Sri, Sidak nantinya akan dilaksanakan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Jika didapati indikasi penimbunan bahan pokok, akan langsung dilakukan penindakan.

“Kamis (hari ini) kami akan gerak bersama. Jangan sampai ada upaya penimbunan saat permintaan pasar meningkat. Harapan saya kebutuhan pokok terpenuhi, harga juga terkendali,” tutupnya. */ZUH/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply