Calhaj PPU Pasti Siap, Berangkatnya yang Belum Pasti

PPU, nomorsatukaltim.com – Meski keberangkatan ke tanah suci tahun ini belum dipastikan. Proses vaksinasi bagi calon haji atau calhaj PPU sudah berjalan. Sebanyak 128 orang dari Penajam Paser Utara (PPU) disuntik vaksin COVID-19.

Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) PPU, Usep Suciadi mengungkapkan. Proses vaksinasi tahap pertama dilakukan pada 30 Maret lalu. Sedangkan yang tahap kedua dijadwalkan pada 27 April.

Dari 132 kuota jemaah haji, tersisa empat orang yang belum. “Masih ada empat orang yang belum menjalani vaksin. Karena ada yang hamil, dua orang sakit dan satu orang pernah terpapar (COVID-19),” jelasnya saat ditemui dikantornya, Kamis (29/4/2021).

Untuk diketahui, 132 orang itu merupakan calhaj yang tertunda keberangkatannya pada 2020 lalu. Adapun tertundanya penyelanggaraan Rukun Islam ke-5 itu disebabkan Pemerintah Arab Saudi yang memang menutup. Keberangkatan ibadah haji ke Masjidil Haram akibat pandemi COVID-19.

“Sampai sekarang kita masih menunggu pengumuman dari pemerintah Saudi,” tegasnya.

Secara umum, proses keberangkatan calhaj PPU dinyatakan siap. Jika dibuka, kuota keberangkatan ke tanah suci diperkirakan tidak seluruhnya.

Pasalnya, diperkirakan pemerintah Arab Saudi bakal membatasi jumlah kedatangan. Pun skema ibadah hajinya hanya dimungkinan tidak seperti biasa. Jika berlaku normal, keberangkatan ibadah haji pada 15 Juni 2021.

“Dari Kementerian Agama sudah membuat skema, 100 persen atau 50 persen, skema itu sudah disiapkan,” pungkas Usep. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply