alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Pemkab Mahulu Berencana Bangun Koperasi Pegawai

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Pemkab Mahulu berencana akan membangun koperasi pegawai. Namun saat ini masih terkendala, karena masih berkutat dalam pencegahan dan penanganan pandemic COVID-19.

Jika sudah terbentuk dan berdiri diharapkan koperasi pegawai akan mampu memberdayakan seluruh pegawai yang ada di Pemkab Mahakam Ulu.

“Setelah berdiri koperasi pegawai dapat djadikan koperasi simpan pinjam dan sebagainya. Untuk membantu pegawai dalam hal pemberdayaan ekonomi. Keperluan cepat lainnya dapat teratasi bagi pegawai, urai Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Setkab Mahakam Ulu, E Tek Hen, Selasa (27/4/2021).

Namun diakuinya, waktu untuk pendirian koperasi pegawai Pemkab belum bisa dipastikan. Karena hingga saat ini pandemi COVID-19 masih menghantui Indonesia dan juga Mahakam Ulu.

“Sudah maasuk tahun kedua semua daerah termasuk Mahakam Ulu masih sibuk menangani masalah COVID-19. Jika koperasi pegawai berdiri sangat tepat untuk mengangkat kesejahteraan paegawai,” ungkapnya.

Bahkan menurut Chen, jika nantinya koperasi pegawai itu berdiri, maka bisa dicoba anggotanya bukan hanya para pegawai dilingkup Pemkab. Mungkin jika aturan koperasi membenarkan, maka dapat masyarakat umum menjadi anggotanya.

disway

“Utama anggotanya dari pegawai negeri. Dapat meminjam uang dengan cara bayar angsur melalui potong gaji. Jika ada toko koperasi kebutuhan atau barang bisa dibayar dengan potong gaji. Bahkan sisa hasil usaha (SHU/keuntungan) koperasi dibagi ke anggotanya,” terangnya.

Chen menegaskan, masyarakat sangat konsumtif (pemakai). Kondisi itu disebabkan karena sarana prasarana dan akses transportasi yang masih terbatas. Sehingga sangat tepat j ika didirikan koperasi bagi pegawai Pemkab Mahulu. Kondisi selanjutnya kata dia, akan berkoordinasi dengan Bupati dan Wabup Mahulu.

“Berharap semoga secepatnya koperai pegawai Pemkab Mahulu bisa berdiri. Jadi itu guna memberdayakan ekonomi para pegawai,” tandasnya. (imy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply