alexa
disway ntt malang

Pemkab Kukar Sidak ke Pasar Tenggarong, Ini Hasilnya

Kukar, nomorsatukaltim.com- Pemkab Kukar lakukan pemantauan ketersediaan barang bahan pokok di dua pasar besar di Tenggarong. Yakni Pasar Tangga Arung dan Pasar Gerbang Raja Mangkurawang.

Tak hanya itu. Pemantauan juga dilakukan untuk memastikan harga tetap stabil. Hingga peredaran barang di Kukar yang melewati masa kedaluarsa dapat dicegah. Termasuk memastikan ketersediaan stok gas LPG di agen-agen resmi.

Terkait harga barang pokok, sempat terjadi kenaikan untuk semua jenis cabai. Cabai rawit salah satunya. Sempat mencapai angka Rp 100 ribuan per kilogram. Namun saat ini sudah cenderung stabil diangka Rp 80 ribuan per kilogram.

“Kalau barang yang lain masih fluktuatif trennya, kadang naik dan turun, tapi masih dikatakan normal,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindag Kukar Tajuddin, Selasa (27/4/2021).

Sementara untuk pasar modern atau swalayan akan dilakukan pemantauan dalam waktu dekat. Meskipun belum dijadwalkan secara khusus. Namun Tajuddin memastikan akan dilakukan sebelum Idulfitri 1442 Hijriah, sembari menunggu kesiapan dari Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan.

Yang jadi sasaran di antaranya makanan berat dan ringan. Serta minuman dalam kemasan. Yang memang sering dijumpai tetap dijual meskipun sudah melewati batas waktu atau kedaluwarsa.

Jika kedapatan, tim Satgas Pangan bertindak. Meski tetap mengedepankan tindakan preventif. Namun beda halnya jika masih mengulangi dan masih ditemukan. Bisa jadi tindakan represif jadi pilihan.

“Tapi selama ini kan ada sidak dan pengawasan pengendalian, jadi belum ada ditemukan,” lanjut Tajuddin.

Ia mengimbau kepada pedagang pasar tradisional maupun swalayan secara mandiri bisa mengontrol dan mengecek sendiri barang dagangannya. Dan memisahkan barang yang tidak layak konsumsi. Juga tidak menjualnya kepada masyarakat.

“Barang kedaluwarsa jangan dijual lagi kepada masyarakat,” tegasnya. (mrf/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply