alexa
disway ntt malang

Mei, Balikpapan Gelar Ujian SD Tatap Muka

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sekolah-sekolah di Balikpapan diyakini telah siap melaksanakan metode Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan Muhaimin, Senin (26/4/2021).

“Rencananya tanggal 24 sampai 31 Mei, ada ujian akhir sekolah SD. Nah, PTM itu kita rencanakan pada saat ujian sekolah, yaitu khusus anak-anak kelas VI,” ungkapnya.

Rencana alternatif lainnya, PTM dilaksanakan setelah Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah. Atau tepatnya 26 Mei, mendatang. “Kita lihat perkembangan covid. Tentu kita harus minta izin wali kota selaku ketua satgas,” ujarnya.

Menurutnya, sekolah-sekolah kini tidak perlu lagi melakukan simulasi kedua. Karena sudah dipastikan semua sekolah, baik jenjang SD maupun SMP sudah memenuhi syarat yang diperlukan.

Bahkan menurutnya saat ini guru-guru yang melaksanakan work from home ataupun bekerja di sekolah, sudah bisa dikatakan mereka melaksanakan simulasi PTM secara parsial. “Jadi sekarang tidak perlu simulasi kedua. Karena kita juga sudah kan simulasi sejak akhir tahun lalu,” tukasnya.

Muhaimin menyebut semua sekolah di Balikpapan sudah menyertakan laporan persiapan PTM. Mulai dari mempersiapkan enam daftar periksa. Yakni salah satu syarat melaksanakan PTM, termasuk di dalamnya adalah aturan yang menyebutkan bahwa sekolah yang diperbolehkan melaksanakan PTM, letaknya harus berdekatan dengan pelayanan kesehatan.

Selain itu, seluruh sekolah juga sudah melaporkan kesiapan sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan (prokes). Begitu juga dengan proses vaksinasi para guru yang sudah mencapai sekitar 60 persen dari total sekitar 9 ribu guru dan tenaga pendidik yang terdaftar sebagai penerima vaksinasi COVID-19. “Kita tinggal melihat perkembangan covid saja,” imbuhnya. (ryn/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply