alexa
disway ntt malang

Lapas Perempuan Tenggarong Meriahkan One Day One Prison’s Product

Kukar, nomorsatukaltim.com – Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong, meriahkan kegiatan One Day One Prison’s Product. Dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57. Ditutup dengan teleconference bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, pada Senin (26/4/2021) sore.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong Sri Astiana menjelaskan. Kegiatan yang berlangsung sejak 1 April hingga 25 April ini. Mewajibkan dalam satu hari petugas Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong wajib membeli produk hasil warga binaan perempuan. Diantaranya kerajinan tangan, seperti masker, tali masker, taplak meja, hingga tempat tisu. Yang memang sebagian besar terdiri dari manik-manik dan sulam tumpar.

Kewajiban petugas membeli bukan tanpa alasan. Sebagai bentuk partisipasi kegiatan yang berlangsung selama tiga pekan lebih ini. Juga sebagai bentuk memperkenalkan dan memasarkan kepada masyarakat luas, tentang produk yang dihasilkan warga binaan.

“Beberapa ada juga yang dibeli oleh masyarakat luar,” jelas Asti pada Disway Kaltim.

Hingga ditutup pada 25 April 2021 lalu. Total hasil penjualan yang dikantongi LPP Kelas IIA Tenggarong diangka Rp 4.534.000. Dengan jumlah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) senilai Rp 680.100. Setara dengan keuntungan yang diterima sebesar Rp 680.100 dengan 50 persen hasil keuntungan untuk premi warga binaan perempuan yang memproduksi kerajinan tangan yang dijual.

Dijelaskan Asti, hasil kerajinan tangan yang dihasilkan ini merupakan hasil dari pelatihan yang selama ini diikuti oleh warga binaan perempuan. Selain itu, dengan bekal yang dimiliki oleh warga binaan perempuan ini, diharapkan mampu menjadi keahlian saat meninggalkan LPP Kelas IIA Tenggarong.

“Menjadi bekal saat keluar nanti,” pungkas Asti. (mrf)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply