alexa
disway ntt malang

Dana Desa Tahap Satu Kubar Cair, Ini Kampung yang Sudah Gunakan

Kubar, nomorsatukaltim.com – Dana desa tahap pertama tahun anggaran 2021 sudah cair 40 persen. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kubar Faustius Syaidirahman.

Anggaran itu digunakan masing-masing kampung untuk memperkuat tindakan pencegahan penyebaran virus covid-19 di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Faustius Syaidirahman keterangannya mengatakan, sebagian kampung di Kubar sudah menerima dana desa tahun ini. Memang tidak semua kampung dapat dicairkan bersamaan.

Pola penyaluran dana desa dilakukan melalui tiga tahap. Namun, memiliki perbedaan persentase jumlah penyaluran pada setiap tahapannya.

“Ada beberapa kampung telah duluan mencairkan. Karena bagi kampung yang cepat administrasinya, itulah yang duluan cair,” kata Faustius.

Salah satu kampung dimaksud adalah Kampung Muara Beloan Kecamatan Muara Pahu. Dikonfirmasi harian Disway Kaltim, Petinggi atau Kepala Kampung Muara Beloan Rudy Suhartono mengungkapkan itu.

Benar kampungnya telah mencairkan dana desa tahap satu. Besarannya sekitar 40 persen dari nilai anggaran dana desa (ADD) 2021.

“Ya dana desa kita sudah cair sekitar Rp 317 juta, dari 40 persen ADD. Kita (kampungnya) juga kampung tercepat ke tiga, yang sudah melakukan pencairan dana desa ini,” ungkap pria yang baru menjabat petinggi dua tahun ini.

Sesuai arahannya, kata Rudy, penggunaan anggaran DD ini, diperuntukkan sebagai Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di masyarakat. Terlebih pengalokasian anggaran sebesar 8 persen untuk penanganan COVID-19 di wilayahnya masing-masing.

“Dan kita pun sudah lakukan itu. Seperti menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum, menyediakan handsanitizer, membagikan masker, dan lainnya,” kata Rudy.

“Juga pemberian vitamin secara langsung ke rumah warga serta pembekalan pengetahuan menjaga kesehatan  di tengah pandemi,” tambahnya.

Ia mengatakan, pemerintah tengah memberikan perhatian khusus terhadap optimalisasi transformasi ekonomi perdesaan. Ia berharap pengelolaan segala macam produksi wilayahnya ini dapat dikelola jajaran pemerintahan dari hulu hingga hilir. (luk/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply