alexa
disway ntt malang

TNI dan Tentara Amerika Gelar Latihan Perang di Kukar

Letkol INF Charles Alling: Upaya Jaga Hubungan Diplomasi Antar Dua Negara

Kukar, Nomorsatukaltim.com – Kekuatan militer memang suatu hal yang penting bagi setiap negara. Militer berperan penting dalam melindungi negara dan membuat warga negara merasa aman. Seperti diketahui, kekuatan militer Indonesia juga cukup diperhitungkan di dunia Internasional. Untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas prajurit, pasukan TNI AD melaksanakan latihan bersama dengan tentara militer Amerika Serikat (U.S. Army) pada bulan Agustus 2021.

Selaku penanggungjawab Jawab wilayah, Dandim 0906/Tenggarong Letkol INF Charles Alling mengatakan dalam latihan teknik perang di bulan Agustus ini akan berlangsung di Pusat latihan tempur (Puslatpur) Amburawang Kompleks, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kukar. Latihan ini pertama kalinya dalam skala besar khsusnya kemampuan teknik perang antara TNI AD dan Tentara Amerika Serikat. “Yang mana sebelumnya latihan perang ini dilakukan di dua provinsi di Indonesia. Pertama di Batu Raja Sumatera, Kedua, Manado Sulawesi Utara dan Ketiga di Amburawang Provinsi Kaltim pada bulan Agustus nanti,” ucapnya.

Dia mengatakan, dalam latihan tempur nanti dari TNI AD akan menurunkan Batalyon Rider Infanteri 600 sebanyak satu Kompi. Dan Tentara Amerika Serikat juga akan menurunkan pasukan satu kompi. “Latihan ini bertujuan menjaga hubungan diplomasi Internasional antara kedua negara khususnya dalam hal pertahanan,” imbuhnya.

Latihan yang akan memakan waktu selama dua pekan ini nantinya, tidak ada kaitannya dengan ditunjukkannya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN). Karena sebelumnya, pihak TNI Angkatan Darat juga mengirim pasukan ke Tentara Amerika Serikat untuk latihan perang bersama. Dan ini merupakan kunjungan balasan dari pihak Militer Amerika Serikat ke Indonesia.

Sebagai informasi, dalam latihan teknik tempur tersebut akan dihadiri secara langsung Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI Andika Perkasa. (*aka)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply