alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • disway ntt malang

Realistis

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Tidak muluk-muluk. Realistis saja. Tapi bukan berarti pesimistis. Tetap berupaya memberikan yang terbaik. Di tengah persaingan ketat.

Dari 3 nomor tanding panjat tebing di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2022 yaitu speed, bouldering dan lead, Berau mengandalkan bouldering putri. Untuk meraih emas. Nomor ini dinilai berpotensi. Sesuai evaluasi hasil latihan dan event yang dilaksanakan.

Pelatih panjat tebing Berau, Jumiati mengakuinya. Putri menjadi tumpuan menjadi yang terbaik di bouldering. Sementara untuk putra, targetnya perunggu. Namun bisa lebih dari itu. Bila atlet bersungguh-sungguh dan makin tekun latihan.

“Menargetkan yang terbaik, makanya berlatih maksimal untuk mencapainya. Apalagi Berau adalah tuan rumah,” jelasnya kepada Disway Berau, Minggu (25/4).

Dikatakan, beberapa event yang diikuti, kekuatan atlet dari kabupaten/kota lain rerata hebat-hebat. Tapi bisa bersaing dengan atlet Berau. Makanya, jumiati mencari celah. Di mana peluang yang bisa merebut medali.

“Semua kelas tanding harus menjadi perhatian. Namun harus melihat kemampuan atlet. Makanya fokus pada nomor yang paling berpeluang meraih medali. Tanpa mengenyampingkan nomor lain,” tandasnya.

disway

Jumiati pun meningkatkan porsi latihan sebelum Ramadan. Saat puasa, ia mengaku tetap latihan, tetapi jadwalnya tidak menentu. Bisa malam atau sore. Setelah lebaran, jadwal latihan normal kembali.

Meski fasilitas terbatas, Jumiati tetap berupaya memaksimalkan latihan. “Kadang cemburu dengan daerah lain yang memililki sarana dan prasarana yang memadai. Sehingga melahirkan atlet yang mumpuni,” ujarnya.

Namun di tengah keterbatasan itu, Jumiati bertekad. Latihan harus diforsir. Medali harus dipersembahkan. Untuk Berau.

Sekadar informasi, 3 nomor dipertandingkan di Porprov Kaltim. Yaitu lead; panjat dinding yang dilakukan untuk mencapai titik tertinggi. Lalu speed; mengadu kecepatan. Kemudian bouldering; mengutamakan teknik dan kemampuan dalam menyelesaikan jalur pendek dan sulit. */RAP

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply