alexa
disway ntt malang

Latih Masyarakat Tanggap Bencana

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Keadaan topografi Bumi Batiwakkal, menjadi perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau saat memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada 26 April 2021.

Disampaikan Kepala BPBD Berau, Thamrin, Kabupaten Berau memiliki beberapa potensi bencana, mulai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), banjir, tanah longsor, angin kencang, gempa bumi dan tsunami. Bahkan, pihaknya telah melakukan pemetaan rawan bencana yang masih berproses.

“Di Berau, yang rawan sekali masih karhutla,” katanya kepada Disway Berau, Senin (26/4).

Kendati di tahun 2020 lalu, karhutla tidak seperti tahun 2019 lantaran musim kemarau tidak berkepanjangan. Meski, tidak menyebutkan angka pastinya. Pun dengan bencana banjir dan angin kencang.

Selain faktor musim, pihaknya gencar melakukan upaya pencegahan terlebih dulu, dengan melengkapi peralatan memadai hingga kesiapan personel hingga tingkat kecamatan dalam menjalankan tugasnya.

“Selama ini ada 6 pos yang aktif beroperasi. Dan beberapa pos yang belum di Kecamatan Biatan, Talisayan dan Kelay,” teragnya.

Dengan memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana, kata dia, perlunya simulasi mandiri agar melatih masyarakat dalam menyelamatkan diri dan mencari tempat aman jika terjadi bencana.

“Bahkan, kami meminta kantor OPD, swasta dan perhotelan agar membuat jalur evakuasi,” terangnya.

Sehingga, pihaknya meminta tiap 26 April dilakukan secara serentak untuk membunyikan sirine atau pentongan yang diiringi simulasi rumah tangga, termasuk perkantoran.

“Pelaksanaan ini juga sesuai edaran dari PNPB yang kami tindaklanjuti,” tandasnya. */RAP/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply