alexa
disway ntt malang

Kumpulkan Bukti Tuntaskan Tapal Batas

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Penyelesaian tapal batas Kabupaten Berau-Bulungan (Kaltara), berjalan alot. Kedua belah pihak bersikukuh dengan batas garis wilayah versi masing-masing.

Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tengah berupaya menyelesaikan persoalan batas administrasi dengan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya. Sebelum nantinya, akan dibahas bersama di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau melihat tanda-tanda di sana, kami yakin yang diklaim (Bulungan) salah dan batas kita yang benar. Ditambah lagi bukti dan data yang terkumpul, sudah sangat jelas,” katanya kepada Disway Berau, Senin (26/4).

Selain itu, ada sejumlah fakta menguatkan wilayah yang disengketakan disengketakan sekira 1.000 ribu hektare (Ha) dengan panjang 100 kilometer (Km), masuk wilayah Bumi Batiwakkal. Seperti objek sarang burung, area perkebunan dan pertambangan dan lainnya. Itu, menjadi dasar untuk mempertahankan wilayah.

“Apalagi dalam waktu dekat pembahasan dengan Kemendagri. Karena batas wilayah Berau-Bulungan, sekaligus batas antarprovinsi. Jadi penyelesaiannya di Kemendagri nantinya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, penyelesaian tapal batas akan dibantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

“Doakan saja semoga cepat rampung. Karena sengketa batas wilayah sudah terlalu lama, sebelum ada Kaltara sampai menjadi provinsi sendiri,” tutupnya. */ZUH/APP

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply