alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Kabinda Papua yang Ditembak KKB Miliki Karier Cemerlang

Papua, nomorsatukaltim.com – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) disebut menembak mati Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua, Brigadir Jenderal I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Dia gugur dalam kontak senjata di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4).

Karier Danny dinilai cukup moncer selama ini. Dikutip dari situs TNI, Danny baru menjabat sebagai Kabinda sejak Juni 2020 melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VII/2020 tertanggal 18 Juni. Dalam mutasi itu, tercatat promosi jabatan untuk 49 perwira tinggi (Pati) TNI.

Danny merupakan salah satu perwira yang mendapat promosi melalui keputusan tersebut. Pangkatnya naik satu tingkat dari Kolonel Infantri menjadi Brigjen.

Dia menggantikan Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon sebagai Kabinda Papua yang menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik BIN.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Danny pernah menjabat sebagai Asintel Kasdam Jaya pada 2015 hingga Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapol Sahli) Pangdam Jaya pada 2018. Kemudian dia ditugaskan sebagai Pamen Denma Mabes TNI AD dengan pangkat Kolonel Infatri.

Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto mengenang Danny sebagai sosok yang berprestasi. Dia disebut memiliki karier yang cemerlang di kesatuannya.

disway

“Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen,” kata Wawan.

Ia menilai bahwa gugurnya Danny merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Usai gugur di Papua, Danny akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Brigjen menjadi Mayjen anumerta alias bintang dua. (cnn/qn)

Sumber: Kabinda Papua Berkarier Moncer, Gugur Ditembak KKB

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply