alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

AGM Usul Peletakkan Batu Pertama IKN di Malam Lailatul Qadar

PPU, nomorsatukaltim.com – Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM) mengusulkan peletakkan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) bisa terealisasi segera. Setidaknya dalam Ramadan ini.

Hal itu ia sampaikan saat kunjungan kedua Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa ke Sepaku beberapa waktu lalu. Saat itu ia meninjau pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi. Serta berdialog langsung dengan masyarakat sekitar wilayah yang ditunjuk menjadi IKN baru tersebut.

“Ini menunjukkan keseriusan pemerintah pusat tentang pembangunan IKN,” kata AGM, Kamis, (22/4/2021).

Adapun, dalam kunjungan pertama 12 April lalu, sempat disebutkan bahwa akan segera terlaksana peletakkan batu pertama pembangunan. Waktu itu disebutkan dalam Ramadan kali ini.

Suharso menuturkan bahwa proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 di Jakarta bertepatan dengan bulan Ramadan. Sehingga, pembangunan IKNB akan diupayakan menyerupai hal tersebut

“Mudah-mudahan bulan puasa ini, kalau segala sesuatunya sudah terpenuhi, semua persyaratan secara teknokratik akuntable bisa dipertanggungjawakan, kita berharap bisa melakukan,” tutur Menteri Suharso kala itu.

disway

Oleh karena itu, AGM benar-benar berharap hal itu benar-benar bisa terealisasi. Makanya ia mengusulkan agar groundbreaking
untuk permulaan pembangunan IKN baru dilakukan pada malam ganjil Ramadan. Atau di antara hari ke- 21 hingga hari ke- 29 bulan puasa ini

Alasannya karena di malam-malam tersebut salah satu di antaranya merupakan malam Lailatul Qadar. sehingga diharapkan saat peletakan batu pertama nanti bertepatan dengan peristiwa turunnya kitab suci Alquran itu.

Karena malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik ketimbang seribu bulan.

“Kalau saya berharap, di malam Lailatul Qadar peletakannya itu. Di malam ganjil. Agar pembangunan itu nanti mendapatkan keutamaan. Dan biar menjadi berkah,” sebutnya. (rsy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply