alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Bukan di Berau, WN India Positif COVID-19

Heboh, pemberitaan salah satu stasiun TV, menyebut ada Warga Negara (WN) India positif COVID-19 di Berau. Nyatanya, bukan di Berau tapi Muara Berau, masuk wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dekat Kota Samarinda.

Kabar tersebut beredar dengan cepat di media sosial (medsos) masyarakat Berau pada Senin (26/4) malam. Tulisan di tayangan TV tersebut memang bikin waswas, yakni “21 WN India Masuk ke Berau, 6 Positif COVID-19”. Banyak yang kebingungan, dan resah karena mengiranya benar-benar kejadian di Bumi Batiwakkal.

Bahkan surveilains COVID-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Tuti Handayani sempat kebingungan, bertubi-tubi mendapatkan pertanyaan dari sejumlah pihak, terkait kebenaran informasi yang beredar.

Karena Ia merasa tidak menemukan tracing WN India positif COVID-19 di Berau. Setelah ditelusurinya ternyata kejadia di Muara Berau.

“Itu masuk wilayah kerja Samarinda. Makanya tidak ada ke kita akses informasinya,” jelas Tuti kepada Disway.

“Saya kebingungan, karena merasa tidak menemukan kasus WN India,” imbuhnya.

disway

Selain Tuti, kabar WN India positif di Berau, juga dibantah Kepala Dinkes Berau, Iswahyudi.

“Tidak ada WNA India yang masuk ke Berau,” tegasnya saat dikonfirmasi Disway Berau, malam tadi.

Lanjutnya, kabar yang beredar di salah satu stasiun TV nasional yakni Kompas TV itu tidak benar. Pasalnya, sudah melakukan konfirmasi ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang melakukan penjagaan di pintu masuk Berau.

“Saya sudah koordinasi. Dan mereka tidak ada yang membenarkan kabar itu,” tegasnya.

Yang menjadi narasumber pada pemberitaan itu bukan pejabat atau Satgas COVID-19 Berau. Melainkan, dari kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Samarinda.

“Kalau tidak salah yang membuat pernyataan dari Samarinda,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) wilayah Berau, Husein mengatakan, kejadian itu bukan di Berau, tapi masuk wilayah kerja Samarinda.

Awalnya, pada saat pemeriksaan oleh petugas KKP Samarinda, di salah satu kapal pengangkut batu bara asal India, didapati satu orang terkonfirmasi positif COVID-19. Sehingga, dilakukan tracing dan kembali didapati 5 Anak Buah Kapal (ABK) yang juga positif COVID-19.

“Itu di Muara Berau, tempatnya di Samarinda. Dan itu sudah ditangani oleh tim KKP di sana,” tegasnya.

Lanjutnya, mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya atas informasi yang beredar. Sekalipun itu, disiarkan di media nasional.

“Jadi jangan mudah termakan hoaks. Jangan panik, Satgas COVID-19 Berau akan berupaya maksimal untuk mencegah virus masuk ke Bumi Batiwakkal,” tandasnya.

Sementara itu, reporter Kompas TV Samarinda, Ardi membenarkan, kejadian itu bukan di Kabupaten Berau. Melainkan, di sungai atau muara Berau, Kukar.

“Itu ada 6 orang, tapi tidak semuanya berasal dari India. Hanya 4 yang dari India, dua lainnya berasal dari Uzbekistan,” singkatnya. */FST/APP

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply