alexa
disway ntt malang

BNK dan Rutan Kompak Perangi Narkoba

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanjung Redeb menggandeng Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Berau dalam memerangi narkotika (war of drugs). Terutama, mencegah narapidana (Napi) kembali terjerumus usai menjalani masa tahanan.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Puang Dirham mengatakan, rencana kerja sama diawali dengan menyusun sejumlah kegiatan bersama BNK Berau.

“Sudah ada pembahasan awal yang akan ditindak lanjuti utuk direalisasikan. Yakni perang terhadap narkoba,” jelasnya kepada Disway Berau, Minggu (25/4).

Tidak hanya fokus pada pemberantasannya. Tetapi, pencegahan dan mengembalikan para narapidana narkoba kembali ke lingkungan yang sehat. Dan, akan dilakukan tes urine secara berkala kepada seluruh narapidana serta menjalankan program-program produktif lainnya.

“Apalagi, penghuni rutan didominasi narapidana narkoba. Kalau sampai salah penanganan, bukannya tobat malah lebih parah nantinya,” ucapnya.

Sementara, Ketua BNK Berau Gamalis menegaskan, sangat mendukung ide dan gagasan Rutan Kelas II B Tanjung Redeb dalam rangka memerangi narkoba bersama-sama. Artinya, kerja sama ini menjadi langkah awal BNK dan berharap terus berjalan beriringan.

Gamalis berharap, melalui kolaborasi ini dapat mendorong pecandu narkoba yang menjalani hukuman, tidak lagi terkontaminasi dengan kasus serupa setelah keluar bebas menghirup udara segar.

“Selain sosialisasi dan pencegahan lainnya. Pembinaan berkala lewat peningkatan SDM, mengasah keterampilan diri, jadi kunci utama agar napi lebih kreatif dan menghindari barang haram itu,” ungkapnya. */ZUH/APP

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply