alexa
disway ntt malang

20 Desa di Paser Gelap-gelapan Belum Terjangkau PLN, Ini Daftarnya

Paser, nomorsatukaltim.com – Sebanyak 20 desa di Paser gelap. Listrik urung terjamah. PLN belum menjangkau ke sana.

Di antaranya Desa Rantau Buta, Desa Rantau Layong di Kecamatan Batu Sopang, Desa Keladen, Desa Labuangkallo, Desa Selengot, Desa Random di Kecamatan  Tanjung Harapan, Desa Perepat dan Desa Sungai Langir di Kecamatan Tanah Grogot.

“Ada 20 desa yang belum teraliri listrik,” kata Kabag Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah Paser, Usma, Minggu (25/4/2021).

Namun dari 20 desa yang belum teraliri listrik, 50 persen desa di antaranya bakal ditangani tahun ini. Dari informasi yang diterimanya, desa itu telah masuk dalam program PLN.

“Untuk 2021 ini ada 10 plus satu desa yang akan dibuat jaringannya oleh PLN,” sambung wanita berjilbab itu.

Maksud dari 10 + 1 yakni adanya penambahan pemasangan jaringan listrik di Desa Ratau Atas Kecamatan Muara Samu.  “Ya sudah ada terpasang 2020 lalu. Hanya saja mau ditingkatkan (penambahan) karena masih ada dua RT belum tersambung,” beber dia.

20 desa tadi masih gunakan penerangan seadanya. Ada yang menggunakan PLTS Komunal, genset dan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE). Sementara 10 desa lain yang belum ada dipastikan pengerjaan pemasangan listrik PLN, diminta bersabar. Hingga 2022.

Sebagai catatan, 20 desa yang belum teraliri listrik PLN itu tersebar di 9 kecamatan. Yakni Kecamatan Batu Sopang, Tanah Grogot, Long Kali, Muara Samu sebanyak 2 desa, Pasir Belengkong, Kuaro dan Muara Komam masing-masing 1 desa, Tanjung Harapan terdapat 5 desa, serta Kecamatan Batu Engau sebanyak 4 desa. (asa/boy)

Daftar Desa Belum Dialiri Listrik PLN di Paser

 

KECAMATANJUMLAHKETERANGAN
Batu Sopang2 desaGunakan PLTS dan genset
Tanjung Harapan5 desaGunakan PLTS komunal dan LTSHE
Pasir Belengkong1 desaGunakan genset
Tanah Grogot2 desaGunakan PLTS
Kuaro1 desaGunakan genset
Muara Komam1 desaGunakan PLTS
Long Kali2 desaGunakan PLTS
Batu Engau4 desaGunakan PLTS
Muara Samu2 desaGunakan genset dan PLTS

 

Sumber: Kabag SDA Setda Pemkab Paser

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply