alexa
disway ntt malang

Prioritas Jalan Pesisir dan RSUD

Usulan Bupati di Musrenbang Provinsi

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Perbaikan jalan pesisir selatan Berau, maupun pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe B, menjadi usulan program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Itu disampaikan Bupati Berau Sri Juniarsih pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat provinsi, Kamis (22/4) kemarin.

Pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2023. Serta rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang digelar di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda.

Musrenbang yang dibuka Gubernur Kaltim, Isran Noor, didampingi Wakil Gubernur, Hadi Mulyadi dan Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK, dihadiri Bupati Berau, Sri Juniarsih bersama sejumlah kepala daerah se Kalimantan Timur.

Bupati Sri Juniarsih memaparkan beberapa program prioritas dari Pemkab Berau. Perbaikan kondisi jalan menuju wilayah pesisir selatan Bumi Batiwakkal yang saat ini mengalami kerusakan menjadi usulan pertama yang disampaikannya.

Kondisi jalan dari Sambaliung hingga Batu Putih yang menjadi kewenangan provinsi, diharapkan Sri Juniarsih, mendapat perhatian serius mengingat jalan ini menjadi akses utama lima kecamatan di pesisir Berau. Selain itu Berau pada tahun 2022 mendatang menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang enam cabang olahraga dilaksanakan di Kecamatan Bidukbiduk. “Perbaikan akses jalan ini tentu menjadi harapan masyarakat agar terus dilanjutkan,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati juga berharap, pembangunan rumah sakit tipe B oleh Pemprov Kaltim dapat diwujudkan di Bumi Batiwakkal. Tentu pembangunan rumah sakit ini menjadi pengganti rumah sakit Pemprov Kaltim di wilayah utara yang sebelumnya berada di Kota Tarakan dan telah diserahkan ke Pemprov Kaltara.

Pemkab Berau ditegaskannya, telah menyiapkan lahan pembangunan. Rumah sakit ini, menurut bupati sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar pelayanan kesehatan masyarakat di utara Kalimantan Timur.

Selain itu, pariwisata Kabupaten Berau disampaikan Sri Juniarsih menjadi unggulan di Kaltim bahkan nasional. Sehingga dengan ibu kota negara baru di Kaltim, tentunya perlu diiringin dengan pengembangan kawasan wisata. Untuk itu, bupati mengusulkan peningkatan akses menuju destinasi pariwisata di Kabupaten Berau. “Kami juga mengusulkan peningkatan akses jalan dari Tanjung Redeb ke Tanjung Batu dalam mendukung pengembangan pariwisata,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan, pelaksanaan musrenbang ini merupakan bagian yang penting dalam rangka perumusan straregis arah kebijakan pembangunan di Kalimantan Timur. Melalui pelaksanaan kegiatan ini menyatukan persepsi dan pemikiran dari berbagai pihak, sehingga bersama sama menyukseskan pembangunan daerah.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak telah mendukung sinergisitas di daerah. Dukungan sebagai modal utama dalam pembangunan daerah,” tandasnya. HMS/APP

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply