alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Pria Sakit Dievakuasi Dari Tebing Samping Jembatan Mahakam

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Seorang pria yang belum diketahui identitasnya, sekira umur 30 tahun dievakuasi dari tebing setinggi 10 meter, persisnya di kiri jalan yang jalur menuju Jembatan Mahakam di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Sungai Keledang, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Dari informasi yang didapat dari petugas call center 112, pria ini menderita sakit selama kurang lebih sepekan terakhir, dan tidak bisa terbangun dari sebuah gubuk yang dibuat semi permanen. Dimana gubuk tersebut hanya oleh beratap dan beralas spanduk bekas.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim), Melkianus Kotta melalui Koordinator Unit Siaga SAR Basarnas Samarinda Riqi Effendi menjelaskan bahwa pihaknya bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Samarinda, unsur SAR gabungan, petugas medis 112, serta relawan berhasil mengevakuasi dalam waktu satu jam.

WhatsApp Image 2021 04 23 at 23.32.15

“Informasi dari petugas 112 setengah 10 pagi, karena terlalu tinggi jadi kami (unsur SAR gabungan) berupaya mengevakuasi dari tebing, sampai jam 11.00 WITA. Ketinggiannya 10 meter, kalau untuk naik ketas ada tangga kurang lebih 10 centimeter, lebar setengah meter, kalau dievakuasi kebawah menggunakan tandu dan langsung melewati jalan tersebut tidak bisa,” jelas Riqi Effendi di konfirmasi, Jumat (23/4/2021).

Tim SAR gabungan pun memutuskan mengevakuasi tubuh pria tersebut dari ketinggian.

Unit Siaga SAR Basarnas Samarinda menggunakan tandu medis (Basket Stretcher) dengan tali temali dan metode vertical rescue.

disway

Informasi dari warga sekitar salah seorang ibu dan bapak yang datang ke TKP mengatakan kalau pasien yang sakit ini tidak memiliki keluarga.

Diketahui pria tersebut tinggal di gubuk itu seorang diri dan juga biasanya bekerja sebagai pengamen, jalan kaki dan tidurnya memang di gubuk tersebut.

Untuk wilayahnya tepat di samping jembatan mahkota dua (sisi Samarinda Seberang).

“Tim gabungan dari Unit Siaga SAR Basarnas Samarinda, Disdamkar Samarinda, 112, TKSK dan rekan lainnya mengevakuasi dari ketinggian, pukul 11.00 WITA tadi berhasil dievakuasi dan dibawa kerumah sakit, persisnya di RSUD IA Moeis,” pungkas Riqi Effendi. (bdp/sam)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply