alexa
disway ntt malang

Dua Kepala Daerah di Kaltim akan Segera Dilantik

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) akan menggelar pelantikan dua kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020, secara langsung. Pelantikan akan dilaksanakan pada Senin (26/4) mendatang kepada Bupati Kutai Barat dan Wali Kota Bontang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kaltim, Jauhar Effendi mengatakan, keputusan diambil dengan pertimbangan hanya dua kepala daerah.

“Selain itu, jaringan komunikasi di Kubar yang masih belum memadai juga menjadi alasan pelantikan langsung,” katanya.

Meski begitu, Jauhar menjamin pelaksanaan pelantikan akan tetap memerhatikan protokol kesehatan secara ketat. Tamu undangan, juga hanya dibatasi sebanyak 33 orang.

“Pokonya nanti, di dalam ruangan itu terbatas. Hanya Gubernur, Wagub, yang dilantik, dan pejabat terkait,” jelasnya kepada awak media baru-baru ini.

Jauhar menjelaskan, akhir masa jabatan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, adalah Maret lalu. Saat ini kota itu dipimpin pelaksana harian (Plh) dari sekretaris daerah. Sementara akhir masa jabatan Bupati Kubar adalah akhir April.

Pelantikan, dua kepala daerah ini digelar secara bersamaan, sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Meski digelar secara luring. Pemrov Kaltim tetap memfasilitasi peserta yang ingin menyaksikan pelantikan secara daring. Seluruh proses pelantikan akan ditampilkan secara live streaming melalui kanal YouTube pemprov Kaltim dan video conference, Zoom Meeting.

“Yang daring ini diikuti Forkopimda Kubar dan Bontang, SKPD Provinsi, dan keluarga mereka. Termasuk wartawan,” ungkap Jauhar.

Sementara itu, untuk Kota Balikpapan, pelantikan Wali Kota terpilih akan dijadwalkan pada putaran ketiga, yakni Juli 2021. Karena masa jabatan Wali Kota Balikpapan baru berakhir pada Mei. “Masa jabatan belum selesai. Kalau dimajukan, kan tidak sampai 5 tahun jadinya,” pungkas Jauhar. Karena itu, Balikpapan kemungkinan juga akan dipimpin pelaksana harian untuk menunggu pelantikan wali kota terpilih.

Pada 2020, Kalimantan Timur menggelar Pilkada serentak di Sembilan kota/kabupaten. Yakni Samarinda, Balikpapan, Paser, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, Berau dan Mahakam Ulu. (krv/yos)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply