alexa
disway ntt malang

DTKS Tak Berubah

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Kuota penyaluran bantuan sosial di Kabupaten Berau, tidak berubah. Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) per April 2021, sebanyak 7.641 penerima.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Berau, Totoh Hermanto membenarkan, data acuan untuk pemberian jaminan sosial jumlahnya masih sama. Pun mengalami perubahan, bukan menjadi wewenang pemerintah daerah, langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos) dengan verifikasi dan validasi bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Meski proses awal dilakukan oleh daerah terlebih dulu,” jelasnya kepada Disway Berau, belum lama ini.

Sejauh ini, lanjut mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau ini, pendataan belum dilakukan kembali. Meski sudah mendapatkan usulan untuk pembaharuan data. Karena proses validasi dan verifikasi memerlukan waktu.

“Jika merujuk pendataan daerah tahun lalu, ada sedikit peningkatan dari DTKS. Di tengah pandemik, itu memungkinkan walau belum bisa dipastikan angka pastinya,” terangnya.

Namun, Dia tidak memungkiri di beberapa daerah terpangkas. Karena, penerima bantuan sosial diatur oleh sistem dari Pusat Data dan Infromasi Jaminan Sosial (Pusdatim).

“Datanya memang tidak berkurang, tapi ada beberapa bantuan yang kemungkinan terpangkas. Salah satunya Kartu Sembako, meski kuota penerima masih ada,” terangnya.

Kemungkinan, pengurangan bantuan dipengaruhi masyarakat tidak mengurus Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Sehingga, kata dia, keluar dari sistem DTKS secara otomatis.

“Sebenarnya yang harus dibenahi dulu persyaratannya. Walaupun sudah divalidasi oleh Kemensos, pasti ditemukan ada data yang tidak sinkron,” tandasnya. */RAP/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply