alexa
disway ntt malang

Safari Ramadan, Wawali Balikpapan Rahmad Mas’ud Ingatkan Protokol Kesehatan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Wakil Wali Kota (Wawali) Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu disampaikan pada pelaksanaan safari Ramadan pertama di Masjid Cheng Hao Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, pada Rabu malam (21/4/2021).

Safari Ramadan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemerintah Kota Balikpapan dengan mengunjungi sejumlah masjid yang ada di Kota Balikpapan. Dalam safari Ramadan pertama ini, Wawali juga menyerahkan souvenir secara simbolis kepada Ketua Pengurus Mesjid berupa 1 unit Vacuum Cleaner dan 15 buah Mukena serta diserahkan juga 15 buah Al-Quran dari Baznaz Kota Balikpapan.

Dalam sambutan safarinya, Rahmad mengingatkan kembali kepada jamaah masjid untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Berbagai kegiatan diperbolehkan untuk dilaksanakan. Dengan catatat protokol kesehatan tetap dijalankan,” katanya.

Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan juga telah telah mengeluarkan surat edaran terkait pengaturan kegiatan selama bulan suci Ramadan. Di antaranya pasar Ramadan yang kembali diperbolehkan dan diakomodir pihak LPM serta kecamatan.

“Begitupun dengan kegiatan tadarus dan taraweh di masjid boleh dilaksanakan, namun tetap prokes maksimal 50 persen dari kapasitas masjid,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot juga telah memperpanjang pelaksanaan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro yang ke-4 sejak 11 hingga 24 April mendatang.

“PPKM berbasis mikro juga cukup efektif dalam menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan,” ucapnya.

Rahmad menambahkan sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19 sejak Januari 202, Pemkot Balikpapan juga telah melaksanakan program vaksinasi. Adapun yang sudah mengikuti vaksinasi sebanyak 30.443 warga kota Balikpapan. Jumlah itu terdiri dari tenaga kesehatan, pemberi layanan publik, lansia dan Guru.

“Sebanyak 13.690 diantaranya sudah melakukan penyuntikan vaksin dosis kedua,” sebut Rahmad.

Selanjutnya, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan juga sudah menetapkan besaran zakat fitra yang mana nilainya 40 ribu perjiwa atau 3 kg perjiwa.

“Diharapkan juga dalam menunaikan zakat fitra sebelum melaksanakam salat idul fitri,” ajaknya.

Selama bulan suci ramadan ini, masyarakat juga diajak agar selalu menjaga toleransi antar umat beragama dan selalu menerapkan prokes jika beraktivitas.

“Kita masih pandemi, untuk itu prokes selalu dilaksanakan dimanapun,” tambah Walikota Balikpapan terpilih ini. (fey/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply