alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Rancangan RPJMD Kutim Selesai dan Siap Digodok DPRD

Kutim, nomorsatukaltim.com – Pemkab Kutim telah menyelesaikan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD). Rancangan itu langsung diserahkan kepada DPRD Kutim untuk ditanggapi.

Dalam paparannya Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman menyebut pokok strategi pembangunan. Strategi ini dirumuskan dalam enam program tematik berdasarkan program tahunan daerah yang sudah terintegrasi dengan visi pemerintah Kutim tahun 2021 sampai 2026 mendatang.

“Akan ada tolok ukur, dilihat dari porsi pendapatan. Nantinya kami melihat apakah mampu mencapai angka yang sudah ditargetkan, atau mungkin lebih, atau bahkan di bawah target,” ucap Ardiansyah.

Beberapa tematik pembangunan tiap tahun disiapkan. Agar bisa terus berkesinambungan dan disesuaikan dengan keuangan daerah. Mulai dari meningkatkan produk lokal yang berdaya saing.

Peningkatan infrastruktur daerah, pengembangan sentra ekonomi dan pelayanan publik. Hingga pemantapan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ini merupakan tugas pemerintah yang cukup berat jika melihat kondisi ekonomi saat ini, namun kita berharap mudah-mudahan tahun depan sudah membaik,” tuturnya.

disway

Terpisah, Agusriansyah Ridwan mengatakan, selain RPJMD ini akan dibuat menjadi Peraturan Daerah (Perda), para legislator juga perlu menelaah rancangan itu. Terutama untuk diselaraskan dengan kebijakan yang masuk dalam program daerah.

“Nah, ini nanti yang menjadi sorotan kita di dalam RPJMD yang akan disusun. Nantinya akan dikaji,” ucap ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kutai Timur itu.

Lebih lanjut Politikus PKS ini mengungkapkan kebijakan RPMJD akan digodok oleh tiap fraksi di DPRD. Tentunya untuk melihat kesesuaian antara visi-misi kepala daerah. Apakah sama halnya yang telah disampaikan kepada masyarakat.

“Apakah ada kolerasi atau kontradiksi dengan pencapaian itu. Bahwa nanti capaian-capaian itu ada ketidaksesuaia antara visi-misi pasti akan dikoreksi,” ungkapnya. (bct/boy)

Arah RPJMD Kutim:

TahunArah tematik tahunanProyeksi belanja
2021Peningkatan produk lokal yang berdaya saingRp 2,8 triliun
2022Peningkatan infrastruktur dasar untuk mendukung ekonomiRp 3,05 triliun
2021Pengembangan sentra ekonomi beserta pelayanan publikRp 3,1 triliun
2024Penguatan struktur ekonomi guna mendukung perekonomian PemdaRp 3,2 triliun
2025Pemantapan ekonomi daerah untuk meningkatkan daya saingRp 3,4 triliun
2026Kutim tegar dan stabilRp 3,5 triliun

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply