alexa
disway ntt malang

Cukup Lewat Website

Gamalis: Usulan Masyarakat lebih Terakomodir

Tanjung Redeb, Nomorsatukaltim.com – Kini, usulan pembangunan di Kabupaten Berau dapat dilakukan dari dunia maya. Cukup diakses melalui Aplikasi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Support Ragam.

Wakil Bupati Berau, Gamalis mengatakan, usulan pembangunan cukup dilakukan melalui laptop yang diunggah melalui website resmi. Trobosan itu, untuk mengcover atau mengakomodir usulan tiap Rukun Tetangga (RT). Apalagi, kondisi pandemik COVID-19 membatasi kegiatan tatap muka.

“Saya berharap, pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan bisa lebih efisien, terutama dari segi waktu. Karena usulan RT telah diakomodir dalam sebuah website,” ucap Gamalis usai melaunching aplikasi Support Ragam, Rabu (21/4).

Lanjut Gamalis, inovasi yang dilakukan Kelurahan Bugis bisa menjadi contoh dan ditiru oleh kelurahan/kampung di Bumi Batiwakkal.

“Lewat aplikasi ini, setiap usulan dari RT hanya tinggal unggah dan lebih hemat biaya,” sebutnya.

Meski, diakuinya, inovasi aplikasi Support Ragam belum sepenuhnya berjalan di seluruh wilayah Kabupaten Berau. Saat ini, baru diterapkan di Kelurahan Bugis, Kecamatan Tanjung Redeb.

“Saya optimistis, program ini akan berjalan di seluruh RT di Berau,” tandasnya.

Sementara, Lurah Bugis Muhammad Hidayat menyampaikan, hadirnya aplikasi berbasis website ini, akan memudahkan kelurahan dalam menyusun program pembangunan yang akan diusulkan, terutama bersifat prioritas di masing-masing RT. Selain itu, inovasi ini akan menghemat pengeluaran anggaran.

“Kedepannya, aplikasi ini bisa digunakan seluruh kabupaten, tak hanya di Kelurahan Bugis untuk mendukung program pembangunan daerah yang berbasis ITE,” harapnya. */ZUH/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply