alexa
disway ntt malang

Peringati Hari Kartini 2021, BKKBN Beri Pelayanan KB Gratis Serentak se-Indonesia

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim menggelar pelayanan KB dan IVA test gratis pada Rabu (21/4/2021) pagi. Agenda tersebut digelar serentak se- Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kartini 2021.

Kegiatan itu dihadiri Kepala BKKBN Provinsi Kaltim, Muhammad Edi Muin bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Samarinda, Nurul Mu’minayati. Turut pula hadir Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim, Noryani Sorayalita.

Muhammad Edi Muin menjelaskan, kegiatan KB gratis serentak tersebut merupakan kerja sama DPPKB Samarinda dengan DKP3A Kaltim.

“Temanya meningkatkan peran perempuan menuju Indonesia sehat dengan hidup terencana,” ucapnya.

Selain itu, KB gratis juga bermanfaat sebagai penyeimbang antara pertumbuhan penduduk dengan program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan juga KB ini bisa membentuk keluarga kecil yang sesuai dengan kekuatan sosial dan ekonominya,” ujarnya.

Dengan terciptanya keluarga kecil yang berkesesuaian dengan kekuatan ekonomi sosial, kesejahteraan tentu tercipta. Sebab berbagai kebutuhan hidup keluarga tersebut, dapat terpenuhi dengan baik. Di samping itu, kegiatan ini meneladani sosok perempuan kuat dan spirit perjuangan. Yakni Raden Ajeng Kartini.

“Beliau meninggal setelah melahirkan. Sehingga semangat perjuangan sosok kartini patut mengapresiasi semangat BKKBN menggelar kegiatan ini,” tutur pria yang dikenal ramah ini.

Dia berharap kegiatan ini tak hanya menjadi kegiatan seremonial. Namun, menjadi edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga keharmonisan keluarga dengan mengikuti program KB.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim, Noryani Sorayalita, hadir memberikan dukungan terhadap program KB gratis tersebut. Ia mengajak kepada seluruh pihak menyebarkan informasi terkait pentingnya program KB yang berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga.

“Kita harus mendukung program KB ini dengan menyebarkan informasi ke masyarakat. Supaya banyak keluarga bisa menjadi keluarga yang sehat dan sejahtera,” tutupnya.(Adv/top/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply