alexa
disway ntt malang

Tarif GeNose di Bandara SAMS Sepinggan Rp 40 Ribu, Mulai Berlaku Besok

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menetapkan tarif GeNose sebesar Rp 40 ribu. Hal ini disampaikan usai uji coba, Rabu (21/4/2021).

Dalam uji coba kepada komunitas bandara tersebut, tak butuh waktu lama untuk mengetahui hasil dari screening. Hanya dalam hitungan menit saja sudah dapat diketahui.

“Hari ini diuji coba untuk komunitas bandara,” ujar General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Barata Singgih Riwahono kepada awak media.

Lanjut Barata, uji coba ini hanya dilakukan dalam satu hari saja. Setelahnya akan diberikan layanan kepada pengguna jasa umum.

“Mulai besok (22/4/2021) bisa memberikan layanan kepada pengguna jasa. Terbuka untuk umum. Tarifnya Rp 40 ribu sekali pemeriksaan, dengan satu kantong. Kuota perhari kita mengantisipasi jumlah trafik penumpang 800 sampai seribu layanan,” jelasnya.

Jika dalam pelaksanaannya ditemukan hasil positif, maka ada beberapa opsi untuk penanganannya. Yakni, di ruang isolasi atau konsultasi. Dari situ akan disampaikan penjelasan mengapa bisa positif.

“Itu bisa berbagai sebab dan faktor karena GeNose sangat sensitif. Jika tidak memenuhi syarat pengetesan sangat dimungkinkan positif. Untuk mennguji itu bisa dilakukan uji ulang dengan GeNose atau menggunakan alat uji lain seperti antigen,” tambahnya.

Barata menambahkan, GeNose hanya opsi bagi pengguna jasa. Dengan demikian antigen serta Swab PCR masih digunakan.

“GeNose tidak menggantikan. Jadi tiga opsi bagi pengguna jasa,” tegasnya.

Untuk regulasinya sementara sesuai dengan yang ada di bandara lainnya. Ia pun memastikan tidak ada masalah dalam pelaksanaannya. Karena GeNose digunakan untuk validasi pada saat keberangkatan.

“Untuk batasan usia tidak ada, merujuk pada ketentuan. Namun untuk balita tidak diwajibkan,” tutupnya. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply