alexa
disway ntt malang

Selangkah Lagi ke Timnas

TANJUNG REDEB, DISWAY – Pertama kali Berau meloloskan putra daerah di regional Kaltim. Untuk mengikuti seleksi Tim Nasional (Timnas) Usia 16 (U-16) di Jakarta. Dia adalah Ridho Abi Wibisono.

Tak mudah bagi Ridho. Sebab selain bersaing dengan 22 perwakilan Berau, juga adu hebat dengan pesepakbola Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara. Daerah yang mengirimkan wakilnya mengikuti seleksi di Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kaltim.

Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Berau masa bakti 2016-2020, Jakariya mengungkapkan, itu sesuai Surat PSSI Nomor 3923/PGD/155/IV-2021 perihal pemanggilan seleksi pemain nasional Indonesia putra. Salah satunya Ridho.

Menurutnya, seleksi lanjutan di Jakarta mulai 24 April 2021. Bila lolos, Ridho ditetapkan menjadi pemain Tim Nasional Indonesia U16 Putra. Artinya, selangkah lagi.

Jakariya menjelaskan, Berau mengirim 22 pemain mengikuti seleksi Asprov PSSI Kaltim. Daerah lain mengirim jumlah berbeda. Asprov selajutnya memilih 5 pemain. Dua usia 16 dan tiga usia 19. “Lalu diseleksi lagi menjadi satu pemain dari Berau. Terpilihlah Ridho,” ungkapnya kepada Disway Berau, Selasa (20/4).

Jakariya mengaku, meski saat ini kepengurusan Askab PSSI Berau belum terbentuk, tidak menyurutkan semangat mengikutkan potensi putra daerah untuk seleksi bersama 33 provinsi di Indonesia.

Sebelumnya, kata Jakaria, perekrutan melalui event. Namun karena pandemik, seleksi secara konvensional di tiap kabupaten dan provinsi. “Untuk seleksi selanjutnya belum diketahui indikatornya. Tapi otimistis Ridho lolos,” tandasnya.

Apalagi, Jakariya melihat potensi Ridho cukup besar untuk lolos. “Bakat Ridho sudah terlihat dari kecil. Ia termasuk yang unggul di Berau,” katanya. Jakariya berharap support dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah.

Sementara Ridho mengungkapkan, awalnya kurang percaya diri bisa lolos. Namun ia memantapkan diri. Menereahkan kemapuan saat seleksi. Dan akhirnya menjadi duta Kaltim di seleksi Timnas.

Ia pun mempersiapkan diri. Dengan lebih giat berlatih. Sebelum seleksi yang tinggal beberapa hari lagi. Meski berbarengan dengan kegiatan sekolah, Ridho bisa mengatur waktu. Apalagi Lapangan Teluk Bayur dekat dengan rumahnya.

Ridho mengungkapkan, saat seleksi, beberapa hal menjadi penilaian. Yaitu skil dan komunikasi. “Sekarang berupaya lolos Timnas yang seleksinya 24 April,” tandasnya. */RAP

 

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply