alexa
disway ntt malang

Rencana Pembangunan Jalan Jonggon-Batuah, DPRD Kukar: Butuh Bantuan APBN

Kukar, nomorsatukaltim.com РRencana  Jalan Desa Jonggon tembus Desa Batuah harus terealisasi. Sebab, akses disebut-sebut memperpendek jarak menuju lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru. Dibanding menggunakan jalur Loa Janan.

Ketua Komisi III DPRD Kukar, Andi Faisal menyebut ruas jalan tersebut punya proyeksi hingga tahun-tahun mendatang. Bahkan sampai 10 tahun ke depan. Karena sudah dipastikan lokasi IKN yang baru berada di sekitar itu.

Sehingga jika berharap anggaran dari Kukar, tentu saja berat. Untuk saat ini pun sudah mencoba meminta bantuan melalui anggaran pemerintah provinsi (pemprov) Kaltim.

Lobi-lobi terus dilakukan.  Tentunya berharap ada sambutan yang baik antara Kukar dan Kaltim.

“Ini bisa menjadi kerja bersama antar kabupaten dan provinsi bahkan bisa dinaikkan jadi jalan pusat,” ujar Andi Faisal pada Disway Kaltim.

Ia menyebut area yang diperkirakan bakal menyentuh kawasan kehutanan. Tentu ini pun jadi persoalan. Agar di kemudian hari tidak timbul permasalahan.

Terkait jumlah anggaran yang diperlukan, ia enggan berkomentar lebih banyak. Alasannya terus terjadi perubahan. Namun ia memastikan bakal mengawal pembangunan ini.

Sehingga nantinya memang memerlukan kucuran dana yang besar. Bisa saja nantinya langsung dikomunikasikan dengan pemerintah pusat terkait pembangunannya. Yakni dengan cara dan berupaya menjadikan jalan tersebut berstatus jalan nasional. Sehingga menggunakan anggaran APBN.

“Supaya APBD kita untuk menyelesaikan jalan-jalan di desa saja,” pungkas politisi Golkar tersebut. (mrf/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply