alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

GeNose Mendarat di Sepinggan, Tahap Awal Siapkan 5 Unit

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan mulai melakukan uji coba penggunaan GeNose C19 sebagai syarat perjalanan. Uji coba dilakukan mulai hari ini kepada para pemangku kepentingan bandara.

Pada tahap awal, AP I menyiapkan lima unit GeNose  untuk melayani penumpang.

“Saat ini masih dalam proses instalasi oleh petugas,” kata General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Barata Singgih Riwahono, Selasa (20/4/2021).

Ia mengungkapkan, peralatan GeNose berada di lokasi barat bandara, yang berdekatan dengan ruang pemeriksaan antigen milik RSPB.

Menurut rencana, tahap percobaan akan dilakukan selama dua hari. AP I telah menetapkan tarif tes GeNose sebesar Rp 40 ribu per orang. Meski cukup murah, syarat untuk mendapatkan tes ini ialah calon penumpang pesawat. Artinya, hanya warga yang memiliki tiket penerbangan yang berhak mengikuti tes GeNose.

Sebelumnya, Bandara APT Pranoto telah menggunakan GeNose C19 sejak awal April 2021. Kepastian ini muncul dengan keluarnya Surat Edaran (SE) nomor 12 tahun 2021. Dengan demikian, maka penumpang memiliki banyak pilihan untuk memenuhi syarat perjalanan udara.

disway

Mengutip SE tersebut, Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR. Pengambilan sampelnya berlaku dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudian, hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Atau hasil negatif tes GeNose C19 di bandara sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia. (fey/yos)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply