alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Gunakan Jaranan dan Perkusi, Cara Unik Bangunkan Sahur ala Gang Buntu Squad Balikpapan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sekelompok remaja dari kawasan Gang Buntu, Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah memiliki cara unik dalam membangunkan sahur warga. Kelompok yang dinamakan Gang Buntu Squad ini menggunakan pakaian jaranan (Kuda lumping) dan diiringi pukulan perkusi.

Dengan penuh semangat, para remaja yang terdiri dari pelajar hingga orang dewasa ini berkeliling kampung membangunkan warga melalui yel-yel yang bikin warga penasaran. Alhasil warga pun justru antusias menunggu kedatangan mereka di depan rumah.

“Senang banget ada beginian, justru kami selain terbantu, juga terhibur karena pasti kami abadikan lewat HP. Mereka selalu unik kalau lewat,” ujar Andrianto, warga RT 44 Kelurahan Karang Rejo.

Gang Buntu Squad sendiri telah melakukan aktivitas membangunkan sahur dari 2016 lalu. Setiap tahun dan setiap penampilannya selalu berbeda tema. Bahkan awal Ramadan tahun ini mereka menggunakan alat musik tradisional seperti gamelan, dan sebagainya untuk membangunkan warga.

“Ganti-ganti mas, temanya juga menyesuaikan. Kesepakatan teman-teman aja. Kadang tradisional, kadang kayak suporter bola, jaranan, pakaian muslim, dan lain-lain,” ujar Azit, salah seorang remaja dari Gang Buntu Squad.

Remaja lain, Erno Adi Saputra mengatakan kelompok mereka cukup kompak setiap tahunnya. Untuk peralatan pun tak jarang mereka menyewa agar menambah keseruannya dalam membangunkan sahur warga.

disway
jaran2

Suasana membangunkan sahur ala Gang Buntu Squad dengan menggunakan jaranan dan alat perkusi. (Andrie/nomorsatukaltim.com)

“Iya mas, ini sejak tahun 2016. Ada alat yang nyewa kalau kita enggak punya, macam perkusi ini. Kalau enggak ya pakai gentong. Yang penting seru dan kompak,” jelasnya.

Erno mengaku warga sekitar tak melarang aktivitasnya. Justru tak sedikit dari warga yang meminta aksi mereka terus dipertahankan hingga akhir Ramadan.

“Enggak mas, malah warga senang dan nyuruh kita lewat terus. Ya, kita senang aja bisa bangunin sahur orang-orang, anggap saja membantu di bulan puasa begini,” tegasnya. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply