alexa
disway ntt malang

Bupati Apresiasi Berau Coal

Cetak Generasi Mandiri, Dukung Kemajuan Pendidikan

TANJUNG REDEB, DISWAY – Komitmen PT Berau Coal dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Batiwakkal, gencar dilaksanakan.

Berbagai dukungan program yang menyentuh langsung ke masyarakat, mendapat perhatian dan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

Bupati Berau, Sri Juniarsih mengatakan, salah satu perusahaan yang benar-benar menunjukkan manfaatnya adalah PT Berau Coal. Di mana PT Berau Coal selalu ambil andil dalam setiap kegiatan yang bersifat membangun dan menguatkan kualitas SDM di Berau.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT Berau Coal. Saya harap ini bisa dicontoh oleh perusahaan-perusahaan lain,” ujarnya kepada Disway Berau, Selasa (20/4).

“PT Berau Coal ini cukup rutin memberikan beasiswa pendidikan ke anak-anak lingkar tambang. Bahkan, pelatihan pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan pun kerap diberikan kepada pemuda yang ingin memiliki daya saing dengan daerah luar,” jelasnya.

Pihaknya berharap, program-program yang bersinggungan langsung dengan masyarakat bisa diperbanyak.

Salah satu mahasiswa penerima beasiswa PT Berau Coal dari Kampung Tumbit Dayak, Linda Andriani (20), mengucapkan rasa bahagianya. Menurutnya, apa yang diberikan oleh PT Berau Coal saat ini sangat membantu dirinya untuk bisa mengenyam pendidikan layak, hingga mendapat gelar.

“Saya sangat berterima kasih dengan PT Berau Coal, karena dengan adanya beasiswa ini saya bisa menempuh pendidikan tinggi” ucapnya.

Ia berharap, beasiswa itu bisa diberikan hingga dirinya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. “Saya ingin kuliah sampai S-2. Sampai dapat gelar magister,” harapnya.

Sementara itu, Santi salah satu peserta program magang bisnis unit ekonomi program PPM PT Berau Coal mengungkapkan, melalui program yang diikutinya ini, ia mendapat banyak materi yang didapatkan. Mulai dari pertanian, perikanan, hingga perkebunan.

Dari pelatihan itu, Santi mengaku mampu menggali potensi dirinya, serta melihat peluang apa saja yang bisa dikembangkan di daerah asalnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti kegiatan ini. Saya berharap, apa yang saya dapatkan di sini, kelak bisa saya terapkan di daerah saya,” katanya.

General Manager CSR PT Berau Coal, Horas Parsaulian Pardede mengatakan, melalui program magang dan beasiswa dari PT Berau Coal ini, pihaknya berharap para peserta mampu memiliki daya saing dan kesiapan mental untuk bekerja.

“Ini adalah salah satu upaya kami (PT Berau Coal, Red.) untuk turut andil dalam pemantapan SDM yang siap kerja,” ujarnya.

Dikatakannya, PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang telah lulus seleksi dan memiliki prestasi atau bagi yang kurang mampu.

“Selain itu, beasiswa saat ini memang dikhususkan untuk perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas atau vokasi yang dapat mencetak lulusan yang siap kerja dan diserap dunia industri nantinya,” tambah Horas.

Sedangkan, untuk program magang di unit bisnis pengembangan ekonomi PT Berau Coal, pihaknya mengaku ini merupakan tahun pertama dibuka. Program ini akan dilaksanakan selama satu tahun dan peserta akan dibekali ilmu dan pengalaman kerja yang meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan sebagainya.

“Kami berharap, mereka yang sudah dibekali kemampuan, bisa memberikan kontribusi terhadap kualitas ekonomi masyarakat di sekitarnya. Dan yang mendapat beasiswa bisa belajar dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya. */fst/***/app

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply