alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Panggilan Darurat, Telepon 110

Polresta Balikpapan Pilot Project Contact Center di Kaltim

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Dalam rangka lebih cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat, Polri telah bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk melaksanakan Layanan Contact Center 110.

Masyarakat yang nantinya melakukan panggilan ke nomor akses 110, akan langsung terhubung ke agen yang akan memberikan layanan berupa informasi, pelaporan (kecelakaan, bencana, kerusuhan, dan lain-lain), serta pengaduan (penghinaan, ancaman, tindak kekerasan, dan lain-lain).

Demikian dikutip dari situs polri.go.id mengenai layanan contact center yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Meski begitu, rupanya layanan ini sempat lama vakum. Oleh karenanya, Polri akan menghidupkan kembali layanan tersebut.

Khusus di Kaltim, Polresta Balikpapan menjadi pilot project dari layanan yang kelak dihidupkan kembali ini. Hal demikian dibenarkan langsung oleh Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi.

“Intinya 110 kami siapkan piranti lunaknya, personelnya, dan peralatan berupa motor dan mobil,” ujar Kombes Pol Turmudi dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (19/4/2021).

Dirinya menambahkan, kini tengah tahap persiapan. Menurutnya, tak ada kendala dalam persiapannya. Hanya saja, jelas Kombes Pol Turmudi, personel baru dapat tambahan yang masih harus dilatih di lapangan dan pembagian wilayah.

disway

Hal pembeda dari layanan ini dibandingkan sebelumnya, yakni pemerataan personel yang bertugas. Sehingga setiap kecamatan di Balikpapan, terdapat petugas dari Unit Sabhara yang disiagakan.

Soal personel, dia menambahkan sejumlah 150 personel disiagakan. Nantinya mereka akan dilengkapi sarana kendaraan berupa sepeda motor sebanyak 70 unit dan mobil sebanyak 10 unit.

“Semua sudah siap. Insyaallah awal bulan depan bisa launching,” jelasnya. (bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply