alexa
disway ntt malang

Bayar Insentif Nakes, Pemkot Balikpapan Refocusing Anggaran Rp 80 M

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Angka refocusing APBD 2021 belum diputuskan. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut pihaknya masih membahas detail refocusing anggaran tahun ini.

Pembahasan itu antara lain terkait dengan efisiensi anggaran. Dari angka yang sebelumnya diajukan yakni Rp 100 miliar, kini berubah menjadi sekitar Rp 80 miliar. “Rinciannya saya belum terima, masih difinalisasi Pak Sekda (Sayid MN Fadly),” ujarnya usai Coffee Morning di ruang rapat Pemkot Balikpapan, Senin (19/4/2021).

Ia menyebut secepatnya akan menyelesaikan pembahasan. Lantaran DPRD Balikpapan sudah meminta agar pekan ini sudah bisa diselesaikan.

“Sebenarnya bukan kewajiban kita (sampaikan) ke dewan. Tapi agar supaya mereka mengetahui dan mungkin ada masukan-masukan dari dewan,” terangnya.

Menurutnya, dengan merampingkan angka refocusing, maka bukan berarti keperluan pembiayaan kebutuhan penanganan COVID-19 sudah mutlak. Melainkan ada kemungkinan pembahasan selanjutnya dilakukan dalam pembicaraan APBD Perubahan 2021.

Sementara penggunaan anggaran sekitar Rp 80 miliar refocusing sebagian besar akan dipergunakan untuk membayar insentif tenaga kesehatan (nakes).

“Kemungkinan untuk insentif, kemudian ada program penambahan. Kita nyewa hotel. Tapi lebih rincinya nanti (masih dihitung) Pak Sekda,” urainya.

Kemudian ada tambahan pembiayaan, katanya, lantaran pemkot memasukkan anggaran Satgas RT sebesar Rp 1,250 juta dalam refocusing.

“Jadi ada Rp 750 ribu dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) dan sisanya dari refocusing. Totalnya masih tetap Rp 2 juta,” katanya.

Selain itu, refocusing juga mengalokasikan bantuan untuk pengelolaan Kampung Tangguh sebesar Rp 25 juta. Ia menyebut sudah ada beberapa program Kampung Tangguh yang sudah berjalan di Balikpapan dan membutuhkan bantuan.

Adapun Kampung Tangguh yang sudah berjalan yakni di kawasan RT 13, Lamaru, Bakikpapan Timur, bertajuk Nusantara Arjuna. Selain itu ada Kampung Tangguh Nusantara Wisata Pinisi, terletak di kawasan RT 32, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota. Kampung Tangguh juga ada di Sumber Rejo, tepatnya di kawasan Kampung Kangkung Sumber Rejo atau biasa disebut Kang Bejo. “Ini bantuan untuk kampung tangguh yang sudah ada,” imbuhnya. (ryn/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply