alexa
disway ntt malang

Basarnas Kaltim Punya SAR Dogs, Bantu Misi Kemanusiaan

Tak hanya manusia yang bisa bergabung dalam tim search and rescue (SAR). Anjing pun bisa. Terbukti, dua ekor anjing ini bergabung menjadi personel Basarnas Kaltim alias SAR dogs.

nomorsatukaltim.com РDua ekor anjing ini bukan anjing biasa. Keduanya adalah anjing pelacak jenis Belgian Malinois. Hewan ini pula merupakan spesialis dalam mencari jenazah. Keduanya dihibahkan oleh klub K-9 Majau Inti Jaya (MIJ) Balikpapan.

Kehadiran anjing-anjing tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi jajaran Basarnas Balikpapan. Karena menjadi yang pertama dapat memanfaatkan SAR dogs dalam operasi SAR di Indonesia, khususnya di Kaltim.

“Di pusat itu sudah pernah ada, tapi masih bekerja sama dengan K-9. Setelah ini kami akan MoU (memorandum of understanding) dengan yang punya sarana ini,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) Melkianus Kotta, Selasa (20/4/2021).

Lanjut Melkianus, nantinya anjing-anjing ini akan langsung dilibatkan dalam setiap kegiatan operasi SAR. Baik itu terkait kebencanaan maupun kegiatan yang menyangkut kemanusiaan.

“Personel untuk melengkapi SAR dogs ini sudah disiapkan, ada enam orang. Terutama teman-teman yang bertugas di lapangan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua K-9 MIJ Balikpapan, Budi mengutarakan rasa bangganya karena anjing MIJ digunakan untuk misi kemanusiaan. Dengan harapan kinerja Tim SAR bisa terbantu.

“Saya bangga, anjing MIJ digunakan Basarnas untuk kemanusiaan,” ujarnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, dengan kemampuan indra penciuman anjing MIJ, dalam mencari korban tentunya tim SAR akan sangat terbantu.

“Penciuman dia ini kan sangat tajam ya, apalagi diperbantukan saat mencari korban bencana misalnya. Pasti akan menyingkat waktu dan kinerja,” tutupnya. (bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply