alexa
disway ntt malang

14 Awak Kapal Terkonfirmasi Positif, Satgas COVID-19 Balikpapan Catatkan Klaster Baru

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan mencatatkan klaster baru. Yakni klaster awak kapal, yang terkait dengan pekerjaan di Pertamina.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut, klaster itu melibatkan 14 orang luar daerah yang terkonfirmasi positif. Sampai Selasa (20/4/2021), klaster itu terus merambat hingga menjangkiti para pekerja di salahsatu galangan kapal.

“Tentunya jika ditemukan klaster seperti ini, dilakukan tracing dan testing yang lebih luas,” ujarnya.

Diskes juga sudah merekomendasikan agar pekerja atau awak kapal yang masih berada di atas kapal, harus melaksanakan karantina terlebih dahulu dan sementara waktu dilarang untuk turun ke darat.

“Yang sakit aedang dirawat. Kemudian ada juga yang diisolasi di tempat lain misalnya di hotel dan di save house Pertamina,” urainya.

Pihaknya menyebut kapal tersebut khusus untuk aktivitas pekerjaan migas sehingga tidak bersandar di pelabuhan umum melainkan di pelabuhan tersendiri. Pertamina dianggap memiliki protokol tersendiri untuk menangani pekerja yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Sehingga sudah mengambil langkah pengetatan, misalnya awak kapal tidak diperkenankan turun ke darat untuk sementara, sebagiannya dirawat di rumah sakit lantaran bergejala, sebagian lagi diisolasi secara mandiri di hotel atau rumah aman milik Pertamina.

“Dan tetap dalam pantauan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan),” imbuhnya.

Klaster COVID-19 yang baru terbentuk itu, kata dia, menjadi alasan jumlah kasus terkonfirmasi harian per 20 April mencapai 33 kasus. Karena sebagian kasus yang tercatat merupakan perluasan tracing yang melibatkan pekerja di galangan. (ryn/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply