alexa
  • disway
  • pemkab ppu
  • dprd ppu
  • pemprov
  • ngopi

Viral Pria Mengaku Nabi ke-26, Muhammadiyah-NU Buka Suara

JAKARTA, nomorsatukaltim.com – Ruang siber digegerkan dengan viralnya seorang pria mengaku nabi ke-26. Pria bernama Jozeph Paul Zhang itu bahkan membuat sayembara bagi siapa pun yang bisa melaporkannya melakukan penistaan agama.

Dilansir dari okezone.com, ia membuat video dalam forum diskusi zoom. Kemudian, menggunggahnya ke akun channel Youtube miliknya, Jozeph Paul Zhang dengan tema “Puasa Lalim Islam”. Video tersebut berdurasi 3 jam 2 menit.

Joseph dalam perbincangannya itu menyinggung berbagai ajaran Islam. Seperti soal puasa Ramadhan, Idul Fitri, hingga soal Allah SWT. “Lu yang puasa gua yang laper,” tuturnya dalam videonya.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Abdul Mu’ti mengatakan Jozeph Paul Zhang mesti diperiksa kejiwaannya. Selain itu, ia juga meminta kepolisian memeriksa yang bersangkutan.

“Selain pemeriksaan oleh kepolisian, saya kira perlu ada pemeriksaan kejiwaan,” kata Mu’ti, Minggu (18/4/2021).

Mu’ti mengatakan umat Islam tidak perlu resah dengan ocehan Jozeph tersebut. Pasalnya, kalimat yang keluar dari mulutnya sudah benar-benar salah. Lebih baik mengurus hal lain yang lebih maslahat untuk umat.

disway

“Umat Islam tidak perlu resah karena sudah tahu bahwa semua yang dikatakan Jozeph itu salah. Kita urus hal-hal yang lebih maslahat untuk kemajuan umat,” tandas dia.

Sementara Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini mengaku telah melakukan komunikasi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Terkait dengan dugaan penistaan agama yang dilakukan seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang.

“Kami meminta polisi segera melakukan penangkapan, saya sudah secara informal sudah menyampaikannya ke Kapolri, mudah-mudahan segera ditindak ya,” kata Helmy, Minggu (18/4/2021).

Helmy mengecam keras tindakan Jozeph tersebut. Ia mengimbau masyarakat tidak terprovokasi, dan meminta kepolisian segera bertindak tegas. Dia menilai pernyataan terduga pelaku dalam video tersebut sudah masuk kategori penyebaran kebencian dan penghinaan terhadap agama Islam.

“Kami minta polisi untuk menangani masalah ini, agar tidak berkembang lebih jauh dan masyarakat untuk tidak terpancing dengan provokasi. Kita percayakan kepada polisi, dalam hal ini kita meminta untuk segera dan menangkap karena jelas dalam video tayangan itu menyebarkan kebencian, dan sudah melakukan kategori penghinaan,” tegas Helmy.

Dikonfirmasi terpisah, Polri turun tangan untuk menyelidiki video pria bernama Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi ke-26. Perbuatan pria itu pun menuai kecaman dan disebut sebagai bentuk penistaan agama terhadap agama Islam.

“Sudah dilidik,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Sabtu (17/4/2021).

Senada, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono memastikan bahwa Korps Bhayangkara bakal melakukan penyelidikan atas video yang diduga penistaan agama tersebut. Argo pun meminta masyarakat tenang tak terpancing dan menyerahkan sepenuhnya kepada polisi.

“(Pasti kami-red) lidik,” ujar Argo. (okz/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply