alexa

Tarik Ulur Angka Refocusing APBD Balikpapan 2021

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pembahasan refocusing APBD Balikpapan 2021 masih tarik ulur. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi belum menyetujui angka yang diajukan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). “Masih kita evaluasi karena angkanya lebih dari Rp 100 miliar,” ujar Rizal, Kamis (15/4/2021).

Wali kota dua periode itu menginginkan, TAPD yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Balikpapan Sayid MN Fadly kembali berhitung dan merampingkan refocusing anggaran. “Nanti kita cek, ada yang masih bisa kita kurangi,” ujarnya.

Meski demikian, Rizal menyebut tidak berpatokan pada angka. Ia menyebut tidak ada angka yang ideal. Namun mengikuti program yang sangat mendesak dan rasional.

“Angkanya bisa bergerak. Bukan soal di bawah atau di atas 100. Tapi apa yang kita sampaikan ke DPRD benar-benar rasional,” katanya.

Ia menyebut refocusing artinya mengorbankan beberapa kegiatan pemkot lainnya yang terpaksa ditunda untuk penanganan COVID-19. “Refocusing ini terutama untuk kegiatan-kegiatan kesehatan, kegiatan pendukung,” katanya.

Sementara itu, ia memastikan bantuan operasional satgas di tingkat RT. Yakni senilai Rp 2 juta per RT, bisa direalisasikan. “RT itu ada yang Rp 750 ribu masuk anggaran Belanja Tidak Terduga (BTTG) yang Rp 1,750 juta di anggaran refocusing,” terangnya.

Ia menyebut anggaran teraebut akan segera dicairkan. “Inikan berkaitan dengan Ramadan. Berkaitan dengan operasional satgas di tingkat RT. Ini lagi kita selesaikan,” imbuhnya. (ryn/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply