alexa
ngopi

Kasus COVID-19 di Balikpapan Melandai, Tingkat Kesembuhan 93 Persen

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Selama sepekan terakhir angka terkonfirmasi positif COVID-19 di Balikpapan terus melandai. Data penambahan harian terakhir mencatat hanya ada 26 kasus positif.

Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan mengklaim saat ini presentase kesembuhan pasien mencapai 93,2 persen. Angka tertinggi yang selama ini pernah dicapai. “Berarti masih ada sekitar 16 persen yang masih dirawat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty, Jumat (16/4/2021).

Dari 16 persen tersebut, ada 151 pasien positif yang dirawat di rumah sakit. ¬†Sebanyak 328 orang isolasi mandiri di rumah maupun di tempat yang menjadi rujukan isolasi mandiri, seperti di hotel, di mes perusahaan atau di Embarkasi Asrama Haji Batakan, Balikpapan Timur. “Rata-rata pasien kita sekarang isolasi mandiri per 10 hari,” ujarnya.

Ia menyebut, keterisian pasien COVID-19 di 11 rumah sakit di Kota Minyak juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Ia membeber, dari total 523 tempat tidur, hanya terisi 132 tempat tidur atau sama dengan 25,2 persen Bed Occupancy Rate (BOR). “Dan hari ini (kemarin) tidak ada (penambahan) pasien yang dirawat,” tukasnya.

Keterisian ruang Intensive Care Unit (ICU) khusus pasien COVID-19 juga berkurang. Dari total 43 ruang, kini yang digunakan hanya 19 ruang saja atau sama dengan 40 persen BOR. “Semuanya ini sudah di bawah standar nasional yaitu 70 persen BOR,” imbuhnya.

Juliarty juga menyebut penurunan jumlah pasien terkonfirmasi positif sejalan dengan dukungkan proses vaksinasi yang terus digalakkan. Untuk vaksinasi dosis pertama sasaran pelayanan publik dan lansia sudah mencapai 28,5 persen.

Sementara vaksinasi dosis kedua baru mencapai sekitar 12 persen. Ia menyebut jadwal terbaru vaksinasi yakni dilakukan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Sabtu (17/4) dan Minggu (18/4). Vaksinasi itu dikhususkan untuk penyuntikan dosis kedua sasaran vaksinasi lansia. (ryn/eny)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply