Gandeng STIE, Transkon Jaya Gelar Job Fair

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Ingin berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran. PT Transkon Jaya Tbk menggandeng Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Balikpapan untuk menggelar Job Fair.

Sekretaris PT Transkon Jaya Alexander Syauta mengungkapkan bahwa kegiatan yang digelar ini salah satu upaya dari pihaknya untuk berkontribusi dalam menekan angka pengangguran di Kota Balikpapan.

“Tidak banyak yang diserap. Tetapi kami ingin memberdayakan sumber daya manusia lokal Balikpapan. Utamanya di masa pandemi COVID-19,” kata Alex Syauta saat acara berbuka puasa yang mengundang awak media pada Jumat sore (16/4/2021).

Penyerapan tenaga kerja tersebut dilakukan dengan menggelar job fair. Yang menggandeng relasi dan STIE Balikpapan. Rencananya kegiatan akan digelar pada Senin (19/4) di STIE Balikpapan.

Harapannya perusahaan yang bergerak di rental kendaraan dan telah melayani di sejumlah wilayah di Indonesia itu, bisa merekrut mahasiswa yang baru lulus. Khususnya warga Balikpapan untuk bisa menjadi bagian dari PT Transkon Jaya.

“Harapan kami ada beberapa yang lulusan dari kampus yang memang asli Balikpapan. Bisa terserap karena tujuannya memberdayakan SDM di Balikpapan,” harapnya.

Alex menambahkan dengan penyerapan tenaga kerja tersebut harapannya dapat mengurangi dampak dari pandemi pada perekonomian dan juga pada SDM yang ada di Balikpapan.

Di tahun ini, PT Transkon Jaya juga membuka kesempatan kerja sama dengan Peruguruan Tinggi untuk melakukan riset bersama. Termasuk memberikan kesempatan untuk maggang. “Kami membuka diri untuk riset-riset,” ujarnya.

Selain itu, sejak awal fokus pada peningkatan SDM dengan menggelar beberapa program. Bukan hanya dengan Perguruan Tinggi, bahkan tahun-tahun sebelumnya juga bekerja sama dengan sekolah kejuruan atau SMK.

“Untuk saat ini kami memmiliki beberapa program dengan sekolah kejuruan, dengan sekolah tinggi, itu rencana kami di kuartal kedua di 2021 bahwa kami akan berkonsentrasi pada SDM, sesuai dengan anjuran Kemendikbud,” ujarnya

Di mana tahun lalu juga bekerja sama dengan sekolah kejuruan di antaranya SMK Bina Prestasi Balikpapan. “Harapannya ini menjadi kerja sama jangka panjang bagi Transkon. Bagaimana kami juga Kami melakukan transfer ilmu, peningkatan SDM,” tutupnya. (fey)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply