Diskes P2KB Antisipasi 3 Penyakit Ini di Mahulu

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Diskes P2KB) Mahulu menangani penyakit umum lainnya, tidak hanya COVID-19.

Tiga jenis penyakit umum tesebut yakni Gastritis (maag/tukak lambung), ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

“Untuk kasus penyakit terbanyak di Kabupaten Mahulu periode Januari sampai April 2021 ini yang tercatat dari sistem informasi puskesmas adalah gastritis, ISPA dan hipertensi,” jelas Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes P2KB Mahulu, Azis Khoiri.

Menurutnya, dari data puskesmas tersebut mennjukan jumlah penderita cukup signifikan. Penderita gastritis sebanyak 210 orang, ISPA 145 orang, dan hipertensi sebanyak 86 orang. Itu terjadi pada 5 kecamatan se-Mahulu selama 3 bulan.

“Selain itu, beberapa penyakit lain yang perlu di waspadai yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD) dan malaria. DBD harus di waspadai saat musim hujan seperti sekarang,” urai Azis.

Dia menyebut, mengingat masih terjadinya kasus DBD kemungkinan akan terjadi sampai memasuki musim kemarau. Karena itu Diskes P2KB Mahulu mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan mencegah agar tidak digigit oleh nyamuk Aedes Aegypti.

“Lakukan 3M plus. Yakni menguras dan menutup tempat penampungan air, serta mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan. Disamping 3M plus, agar petugas puskesmas melakukan abatesasi (pemberian) abate ditempat penampungan air,” pesan Azis. (imy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply