ngopi

7 Manfaat Semangka untuk Kesehatan

BUAH semangka tidak hanya menyegarkan dan enak dinikmati. Tapi juga sangat baik untuk kesehatan Anda. Semangka memiliki kandungan rendah karbohidrat dan kalori serta tinggi serat, asam amino seperti l-citrulline dan karotenoid seperti likopen.

Dalam satu cangkir semangka hanya memiliki 46 kalori tapi kaya akan vitamin C, vitamin A, serta sejumlah senyawa tanaman yang sehat lainnya.

Berikut 7 manfaat semangka bagi kesehatan tubuh, dirangkum dari berbagai sumber. Pertama, bantu Anda terhidrasi. Minum air adalah cara penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi juga bisa membantu.

Menariknya, semangka mengandung 92 persen air. Terlebih lagi, kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu Anda merasa kenyang. Kombinasi air dan serat berarti Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa banyak kalori.

Kedua, bantu turunkan tekanan darah. Semangka membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi. Seperti dilansir Health, l-citrulline, zat alami dalam semangka—terutama di bagian putih kulit, telah terbukti meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah dengan membantu pembuluh darah rileks, yang membuka sirkulasi.

Ketiga, meningkatkan fungsi pencernaan. Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat. Keduanya penting untuk kesehatan pencernaan.

Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya air dan kaya serat, termasuk semangka, bisa sangat membantu untuk mendorong pergerakan usus yang normal.

Keempat, mengurangi nyeri otot. Dalam sebuah penelitian, atlet yang mengonsumsi 16 ons atau sekitar 470 ml jus semangka satu jam sebelum latihan mengalami penurunan nyeri otot dan pemulihan detak jantung yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang menerima minuman plasebo.

Studi lain pada pelari pria menemukan bahwa mereka yang minum 470 ml jus semangka yang diperkaya dengan l-citrulline dua jam sebelum melakukan balapan setengah maraton lebih sedikit mengalami nyeri oto hingga 72 jam dibandingkan dengan mereka yang meminum minuman plasebo.

Kelima, melindungi kesehatan kulit dan rambut. Manfaat semangka juga baik untuk kulit dan rambut. Sebagaimana dilansir Healthline, dua vitamin dalam semangka, A dan C, penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin C membantu tubuh Anda membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda kenyal dan rambut Anda kuat.

Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit Anda bisa terlihat kering dan bersisik. Baik likopen maupun beta-karoten juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari sengatan matahari.

Keenam, menurunkan peradangan dan stres oksidatif. Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis. Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. Karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi, likopen dan vitamin C.

Sebagai antioksidan, likopen juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Misalnya, ini dapat membantu menunda timbulnya dan perkembangan penyakit alzheimer.

Ketujuh, membuang racun. Semangka membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Kandungan mineral kalium yang tinggi dalam jus semangka membantu meningkatkan fungsi ginjal dan menyaring kelebihan asam urat, gula, dan racun lain yang ada di dalam darah. Selain itu, lingkungan yang panas secara signifikan menurunkan fungsi ginjal.

Selain tujuh manfaat semangka di atas, buah ini juga disebut dapat membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh. Karena kandungan airnya yang tinggi dan memberikan kesejukan bagi tubuh. Vitamin C dalam semangka juga membantu meningkatkan kekebalan dan memperkuat tubuh. (cnn/qn)

Sumber: 7 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh Anda

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply