alexa

Darah AB Kosong

TANJUNG REDEB, DISWAY- Tingginya permintaan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai dalam beberapa hari terakhir, membuat stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Berau menipis.

Berdasarkan data per 15 Maret 2021, sekira pukul 13.22 Wita, golongan darah A sebanyak 19 kantong, golongan B sebanyak 3 kantong, golongan O sebanyak 19 kantong dan golongan AB mengalami kekosongan.

Penanggung Jawab Laboratorium PMI Berau, Edy Erwansyah menyampaikan, kondisi itu disebabkan terbatasnya aktivitas masyarakat melakukan donor darah imbas pandemik COVID-19.

“Beberapa instansi yang rutin donor darah, selama pandemik juga berkurang,” katanya kepada Disway Berau, (15/4).

Edy menuturkan, partisipasi masyarakat mendonorkan darahnya sangat dibutuhkan dalam memenuhi permintaan di tengah keterbatasan stok darah di PMI. Dan jangan khawatir atau takut, proses dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan super ketat.

“Karena ini bulan Ramadan, relawan yang ingin mendonor selepas atau menjelang berbuka puasa. Menghindari kurangnya energi saat sedang berpuasa,” terangnya.

Ditambahkannya, yang harus diperhatikan pendonor, yakni mengonsumsi makanan bergizi kaya akan zat besi dan vitamin saat sahur maupun berbuka puasa. Selain itu, istirahat cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar, serta hindari aktivitas terlalu berat sebelum atau setelah donor darah.

Baca Juga:  Lindungi Nelayan lewat Asuransi

“Kami berharap masyarakat bisa membantu mendonorkan darahnya, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. */PLP/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply