alexa

50 Kampung di Mahulu Belum Serahkan SPJ ADD Proyek Fisik TA 2020

Mahulu, nomorsatukaltim.com – 50 kampung belum serahkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) program fisik penggunaan ADD/ADK Tahun Anggaran 2020. Begitu kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Mahulu, Damianus Tamha.

“Untuk SPJ fisik TA 2020 belum semua dari 50 kampung yang melaporkan. Masih ada  kampung yang belum menyerahkan,” katanya, Jumat (16/4/2021).

Tapi untuk laporan data base melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) penggunaan anggaran TA 2020 sudah dilaporkan. Ia menuturkan pelaporan pengelolaan dan pelaksanaan ADD sangat penting. Untuk mengetahui perkembangan proses pengelolaan dan pelaksanakan ADD di Mahulu.

“Di antaranya laporan berkala mengenai pengelolaan dan pelaksanaan ADD yang berisi secara rutin satu semester atau setiap 6 bulan. Kemudian laporan akhir dari pengelolaan dan pelaksanaan ADD yang berisi perkembangan pelaksanaan dan penyerapan dana,” ungkapnya.

Damianus pun meminta kampung yang belum melaporkan SPJ fisik TA 2020 agar segera melakukannya. Sebab, SPJ diperlukan untuk melihat pertanggungjawaban penggunaan ADD/ADK oleh kampung bersangkutan.

“Kami minta kampung yang belum melaporkan SPJ fisik TA 2020, segera menyerahkannya,” tegasnya.

Penyampaian laporan pun dilakukan  berkala. Sedangkan laporan akhir pengelolaan dan pelaksanaan ADD dilaksanakan secara berjenjang.

Yaitu dari petinggi (Kepala Desa) melaporkan kepada tim pembina dan pengawas tingkat kecamatan. Selanjutnya tim pembina dan pengawas tingkat kecamatan tadi membuat laporan atau rekapitulasi laporan dari masing-masing desa di wilayah kerjanya. Kemudian melaporkan kepada bupati lewat penanggung jawab teknis pengelolaan kegiatan ADD. (imy/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply