alexa

Warga Batasi Kunjungan ke Bontang Kuala

Bontang, nomorsatukaltim.com – Kunjungan ke Bontang Kuala diatas pukul 21.00 Wita dilarang. Itu berlaku selama Ramadan. Pembatasan kunjungan ini juga sudah kebiasaan warga setempat sejak 1 dekade silam.

Warga setempat membentuk tim khusus. Tim ini akan berjaga di atas pukul 9 malam hingga pagi. Selama Ramadan. Setiap malam ada 8 sampai 10 orang yang berjaga di portal masuk. Mereka akan terus awas hingga menjelang pagi. Selain berjaga. Mereka juga akan berkeliling saat jam sahur.

“Iya mereka juga akan bangunkan warga,” ujar Ketua Masyarakat Bontang Kuala Bersatu (MBKB) Etli kepada wartawan.

Etli mengatakan, kebiasaann berjaga saat ramadan ini sudah dilakukan sejak 10 tahun terakhir. Kala itu, Bontang Kuala ramai dikunjungi muda mudi selapas tarawih. Warga akhirnya melarang setiap pengunjung datang di atas jam 9 malam.

“Jadi mereka inisiatif sendiri,” katanya.

Kampung tua di atas laut ini memang ikonik. Banyak warga mengisi jam menunggu berbuka puasa di sini. Menikmati tiupan angin laut, diringi lantunan gelombang yang menggelapak di tiang-tiang rumah warga. Namun, saat malam kondisinya jauh berbeda. Saat sore laut biru kehijauan mengisi cakrawala.

Ketika matahari tenggelam pijar lampu rumah warga menerangi jalan. Lampion yang dipasang di langit-langit jalan sangat indah. (wal/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply