alexa

Bijak dalam Sedekah

Dinsos Antisipasi Menjamurnya Gepeng di Berau

TANJUNG REDEB, DISWAY- Maraknya aksi gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang dinilai meresahkan, menjadi perhatian Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Berau Enden Supandy. Berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban.

Menurutnya, solusi tepat mengantisipasi munculnya gepeng di Bumi batiwakkal dengan tidak memberikan uang atau sumbangan bentuk apapun. Pun ingin bersedakah, Dia menyarankan, langsung ke Baznas atau Masjid.

“Jadi lebih terkoordinir dan jelas,” ucapnya saat ditemui Disway Berau di ruang kerjanya Selasa, (13/4).

Pihaknya belum bisa membuat kebijakan larangan untuk tidak memberikan uang kepada Gepeng. Meski, beberapa daerah telah menerapkan larangan tersebut. Namun, tidak berjalan efektif dan justru Gepeng semakin menjamur.

“Jakarta itu menerapkan, tapi nyatanya tidak efektif juga,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya mencanangkan inovasi baru untuk menghilangkan gepeng dengan melibatkan beberapa stakeholder. Inovasi untuk melengkapi kerja tim reaksi cepat (TRC) Dinsos Berau dalam melakukan penindakan, termasuk razia dan patroli.

Namun, kedepannya pihaknya meneropong dengan melakukan pencegahan, termasuk memanfaatkan potensi diri gepeng dengan mendiskusikan dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Berau.

Baca Juga:  Cuman Beroperasi Tiga Bulan

“Jadi itu target kami, dalam waktu dekat akan mengumpulkan stakeholder yang memang punya cara bagaimana menghilangkan itu,” tutupnya. */PLP/JUN

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply